Business Knowledge

Grow Your Business

Oleh :   Kamis, 19 Mei 2016   Viewer bisnisupdate.com  200 Hits
Grow Your Business
Ketarangan Gambar :  (Tri Raharjo, Chairman TRAS N CO Research/Bisnisupdate.com)

Sebelum memutuskan untuk mengembangkan bisnis, ada beberapa hal yang harus bisa dipenuhi oleh bisnis tersebut. Yang pertama, tentu bisnis tersebut haruslah sudah proven terlebih dulu. Saya kira hal ini menjadi sangat penting karena sebuah bisnis harus sudah terbukti proven sebelum kemudian akan diduplikasi oleh orang lain.

Lalu, apa ukuran sebuah bisnis sudah bisa dikatakan proven? Pertama, sudah pasti secara financial bisnis tersebut menguntungkan. Kedua, bisa dilihat dari segi usia. Kalau sebuah bisnis masih terbilang baru dan sudah dimitrakan, biasanya akan terjadi kendala di lapangan.

Kendala kedua biasanya ada pada tim. Artinya, pemilik bisnis akan kedodoran ketika bisnisnya sudah mulai bergerak cepat tetapi timnya sendiri belum siap untuk mengikuti.

Kendala ketiga adalah secara financial. Artinya, si pebisnis harus bisa menghitung secara cermat. Seperti perhitungan yang cermat ketika harus membuka outlet baru. Jadi, jangan sampai pengeluaran lebih tinggi sedangkan pemasukannya rendah.

Atau, bisa jadi Si pebisnis terlalu banyak dihutangi oleh pihak mitra sehingga bisa menghambat pertumbuhan bisnisnya itu sendiri. Hal ini pun bisa jadi risiko yang harus diterima kalau Si pebisnis terlalu terburu-buru dalam membuka peluang kemitraan.

Dan saya kira, sudah proven-nya sebuah bisnis adalah landasan penting yang harus diperhatikan oleh seorang pebisnis sebelum memutuskan untuk membuka peluang kerjasama. Karena kalau bisnisnya sudah terbukti proven, maka bisa dibilang jika Si pebisnis sudah expert dalam bidangnya.

Nah, kalau sudah begitu maka dia pun bisa menduplikasikan kepintarannya dalam membangun usaha, baik dalam hal cara mengcreated produk, cara memasarkan, cara mengatur keuangan, cara memanage tim, termasuk cara operasional kepada mitra atau kepada cabangnya sendiri.

Kalau semua hal itu sudah bisa dikuasai, maka bisa dibilang Si pebisnis sudah expert dalam bidangnya. Jadi, bisa dibilang jika Si pebisnis itu tidak hanya menjual konsep saja. Bisnis yang baik adalah bisnis yang sudah terbukti proven. Sementara, kalau bisnisnya belum proven, tandanya dia harus belajar lagi sampai bisnisnya terbukti proven sebelum kemudian memutuskan untuk membuka peluang kerjasama.

Hal kedua yang harus dipenuhi adalah dibutuhkannya standarisasi. Biasanya dalam standarisasi yang dimaksud meliputi standarisasi outlet, produk, pelayanan, cara penjualan, cara penyajian dan sebagainya. Kemudian ada standarisasi lokasi juga. Hal ini menjadi penting karena kalau lokasinya bagus dan ramai, maka keberhasilan bisnisnya akan cenderung semakin tinggi. Karena saya kira sebuah lokasi bisa mempengaruhi 40% - 50% keberhasilan sebuah bisnis.

Kemudian standarisasi SDM. SDM menjadi sangat penting karena kalau sebuah bisnis sudah diduplikasi, maka pastikan SDM yang disediakan pun sama berkualitasnya. Jangan sampai asal pilih SDM, karena kalau asal dalam memilih maka hasil yang didapatkan pun tidak akan bisa maksimal. Tentu saja hal ini bukan pekerjaan rumah yang mudah karena untuk bisa mendapatkan SDM yang berkualitas pun ada prosesnya. Saya kira hal ini menjadi sangat penting karena ketika bisnis sudah running, maka mitra akan bisa lebih lancar dan mudah dalam menjalankan bisnisnya.

Hal yang kemudian harus diperhatikan adalah cara administrasi yang sederhana agar mudah dimengerti oleh mitra. Dengan begitu, mitra pun bisa mengetahui secara mudah apakah bisnis yang dijalankannya ini sudah untung atau belum.

Nah, kalau sebuah bisnis sudah terbukti proven dan memiliki standarisasinya tersendiri, maka hal yang harus diperhatikan sebelum memitrakannya adalah menyederhanakan proses. Misal, Si principle sudah lebih dulu menyediakan powder dalam bentuk sachet kepada mitranya mudah untuk membuat bubble tea. Dengan begitu, Si mitra pun hanya perlu mengikuti cara menyajikan bubble tea sesuai SOP yang sudah dibuat. Jadi, mitra sudah tidak perlu memikirkan hal-hal yang ngejelimet hanya untuk membuat produknya saja, karena tahapannya pun sudah disederhanakan.

Saya kira hal ini sangat penting karena jangan sampai nantinya mitra terlalu ribet dalam menjalankan bisnisnya. Karena biasanya kalau mitra semakin ribet dalam menjalankan usahanya, maka tingkat kesuksesannya pun akan semakin kecil.

Nah, setelah semua itu bisa dipenuhi, maka sebuah bisnis sudah bisa dikatakan layak untuk dikembangkan. Dan hal yang kemudian harus diperhatikan adalah lebih selektif dalam mencari mitra. Saya kira hal ini menjadi sangat penting karena tidak semua orang memiliki mindset bisnis yang benar. Dan hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi seorang pebisnis. Selamat Berbisnis!




X
Baca Juga