Business Knowledge

8 Nilai dan Gaya Hidup Manusia yang perlu anda ketahui di dunia bisnis digital

Oleh :   Selasa, 12 Juli 2016   Viewer bisnisupdate.com  579 Hits
8 Nilai dan Gaya Hidup Manusia yang perlu anda ketahui di dunia bisnis digital
Ketarangan Gambar :  (Ari Nugrahanto - CEO ActionCOACH Indonesia & Founder/Owner KelolaDigital Inc/Bisnisupdate.com)

Oleh: Ari Nugrahanto

Dari sebuah buku Strategi Pemasaran E-Commerce Perusahaan Top Dunia yang ditulis oleh M.Suyanto, ada hasil penelitian dari Standford Research Institute (SRI) membuat sebuah model yang disebut VALS ( value and lifestyles) atau biasa disebut dengan VALS2. VALS2 mengelompokan nilai dan gaya hidup menjadi delapan kelompok, yaitu fulfiller, believer, achiever, striever, experiencer, maker, struggler dan actualizer. Mudah-mudahan anda masih ingat dengan beberapa tulisan saya mengenai Strategi Pemasaran dengan pendekatan 4 dimensi manusia atau saya senang menyebutnya dengan 4D Human Marketing. Disana banyak dikupas bagaimana manusia di era serba digital ini masih perlu menyadari bahwa menjadi manusia dan memahami manusia lainnya adalah kunci sukses di dunia bisnis juga kehidupan. Model VALS2 diatas memadukan antara factor demography dan gaya hidup seorang sehingga anda mengetahui lebih banyak apa yang dijadikan dasar untuk membidik calon pembeli.

Tipe manusia fulfiller adalah mereka di usia matang yang rata-rata 48 tahun. Mempunyai banyak pengalaman dalam hidup, sangat memiliki tanggung jawab yang tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga dan orang lain. Pengalaman mereka juga tidak terbatas pada hanya teori tetapi berdasarkan juga dengan profesi . Pekerjaan mereka sehari-hari membentuk mereka untuk melihat produk dari sudut pandang ‘nilai’ daripada ‘harga’. Strategi mengambil hati tipe manusia ini adalah dengan mengutamakan ‘perceived-value’ dari hanyak memberikan potongan harga. Berikan mereka hal yang menambah factor ‘wow’.

Believer adalah tipe manusia yang percaya dengan satu merek karena pengalaman mempunyai produk atau jasa tersebut  sejak lama. Usia mereka juga rata-rata di 58 tahun dan sangat sulit untuk merubah sudut pandang mereka sampai akhirnya menemukan permasalahan dan mendapatkan hal baru dari produk yang anda tawarkan. 

Achiever dan Striever adalah jenis manusia di usia di sekitar 35 tahun. Mereka cenderung sukses dari sisi pekerjaan,bisnis dan keuangan tetapi Jenis Striver sumber ekonomi, sosial dan psikologisnya masih lebih rendah. Kedua tipe ini sangat cepat mengadopsi produk dan jasa baru yang ditawarkan. Mereka cenderung ingin menjadi ‘trend-setter’ dibanding menjadi ‘follower’. Berikan sedikit keluasaan mereka untuk selalu memilih produk dan jasa yang bisa jadi tidak semua orang bisa memiliki. Misalnya dengan memberikan keanggotaan khusus sehingga tipe manusia ini bisa menyalurkan gaya hidupnya.

Tipe yang satu ini berusia rata-rata di usia 30 tahun dan sangat berorientasi kepada kebutuhan keluarga,pekerjaan dan rekreasi fisik. Kebanyakan dari tipe Maker ini adalah praktisi. Sedangkan tipe struggler adalah mereka yang sudah berusia rata-rata 61 tahun dan mempunyai pendapatan atau income sangat rendah dan berorientasi untuk mencari kebutuhan diri sendiri.

Tipe Actualizer adalah mereka yang berusia rata-rata di 43 tahun yang mempunyai pendapatan tinggi,sumber daya melimpah dan sangat mencari penghargaan atas dirinya sendiri sangat tinggi. Memberikan penawaran untuk si actualizer ini harus banyak mengedepankan visualisasi tentang perkembangan dan pengakuan atas dirinya ketika menggunakan produk dan jasa anda.

Kesimpulan saya adalah untuk memenangkan bisnis digital anda sekiranya mempertimbangkan yang dinamakan ‘unique buying proposition’ bukan ‘unique selling proposition’. Apa yang dibutuhkan calon pembeli anda daripada apa yang bisa anda jual atau tawarkan. Lakukan riset kecil-kecilan melalui media sosial yang ada kelola dan gunakan pertanyaan yang tepat sehingga mengetahui apa yang sebenarnya calon pembeli anda butuhkan.

Tags

 
 
 



X
Baca Juga