Brand Update

PT Pupuk Indonesia Tingkatkan Produktivitas Padi Lewat PG

Oleh :   Senin, 07 November 2016   Viewer bisnisupdate.com  253 Hits
PT Pupuk Indonesia Tingkatkan Produktivitas Padi Lewat PG
Ketarangan Gambar :  (Foto dok. Pupuk Indonesia Group/bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta- PT Petrokimia Gresik (PG), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), memberikan serangkaian kebutuhan sarana produksi padi seperti benih, pupuk, pembenahan tanah, dan pestisida. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas padi berkualitasdi Desa Mojorano, Kec. Dander, Kab. Bojonegoro.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa teknologi budidaya padi PG ini mampu meningkatkan produktivitas padi dan merupakan hasil inovasi PG dalam mewujudkan swasembada pangan.

Secara teknis, teknologi budidaya padi yang disediakan oleh PG ini diawali dengan melakukan analisis tanah dengan memanfaatkan fasilitas mobil uji tanah agar para petani mengetahui tingkat kesuburan tanah sehingga bisa diperoleh dosis rekomendasi pemupukan yang tepat.

Setelah analisis kesuburan tanah, selanjutnya dilakukan persemaian padi dengan menggunakan benih unggul produksi PG, yaitu Petroseed, dan menambahkan produk hayati Potensida sebagai perlakuan benih (seed treatment), untuk meningkatkan ketahanan benih/bibit dari serangan hama dan penyakit serta memenuhi kebutuhan hara bibit.

Pemupukan dasar dilakukan setelah pengolahan tanah dengan menggunakan pupuk Petroganik dan Petro-Cas. Petroganik merupakan pupuk organik yang berfungsi untuk meningkatkan kesuburan tanah, melalui perbaikan kualitas sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Sedangkan Petro-Cas bermanfaat sebagai sumber unsur hara Kalsium dan Sulfur untuk tanaman padi, sekaligus meningkatkan pH tanah. Keduanya merupakan produk hasil riset PG.

Kegiatan pemupukan susulan dilakukan dengan mengaplikasikan pupuk yang mengandung unsur hara makro dan mikro, yaitu NPK Phonska Plus (non-subsidi). Disebut NPK Phonska Plus karena dalam pupuk NPK tersebut terdapat tambahan kandungan unsur hara mikro yaitu Seng (Zn) dan Sulfur (S) yang sangat esensial bagi tanaman. Manfaat Seng diantaranya adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan vegetatif dan pertumbuhan biji/buah, sementara manfaat Sulfur adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen.

Sedangkan untuk pengawalan terhadap hama dan penyakit, PG bersama anak usahanya, PT Petrosida Gresik dan PT Petrokimia Kayaku, menyediakan berbagai jenis Pestisida, baik  Insektisida, Fungisida, Herbisida,  maupun Rodentisida.

Gencil.Com



X
Baca Juga