Brand Update

Oppo Resmi Luncurkan Oppo F5 di Indonesia, Berapa Harganya?

Oppo Resmi Luncurkan Oppo F5 di Indonesia, Berapa Harganya?
Ketarangan Gambar :  (Chelsea Islan dengan Oppo F5)

Jakarta, BisnisUpdate.com - Setelah meluncur di sejumlah negara di Asia Tenggara, Oppo resmi membawa F5 ke Indonesia. Oppo F5 masuk dalam jajaran perangkat selfie expert. Karenanya, kamera bagian depan masih menjadi nilai jual ponsel ini.

Berbeda dengan pendahulunya F3 yang mengandalkan dua kamera di bagian depan, Oppo F5 hanya dibekali satu kamera saja. Walau begitu, vendor asal China itu mengklaim perangkat barunya mampu menciptakan foto selfie yang lebih nyata dan natural.

Hal tersebut berkat teknologi Artificial Inteligence (AI) Beauty Recognition Technology. Berkat teknologi ini disebut-sebut mampu mendeteksi umur seseorang, jenis kelamin dan bahkan ras. Sehingga dapat melakukan pengaturan terbaik ketika selfie.

"AI akan mengenali wajah dengan 254 titik. Selanjutnya akan menganalisa kriteria wajah, mulai dari warna, tipe kulit, jenis kelamin dan usia. Selanjutnya akan mempersonalkan selfie," jelas Suwanto, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia saat acar peluncuran F5 di Jakarta.

Saat group selfie, AI dapat membedakan orang yang ada di dalamnya secara personal. Selain foto, teknologi ini juga dapat digunakan saat merekam video. "Ini teknologi terbaik yang pernah kami kembangkan," klaim Suwanto.

Selain selfie, Oppo memanfaatkan teknologi AI untuk membuka ponsel. Alhasil pengguna diberikan opsi yang tak kalah aman dengan sidik jari yang kini posisinya di bagian belakang.

Bicara spesifikasi, kamera depan Oppo F5 cukup mumpuni. Sensor yang ditanam berukuran 20 MP dengan aperture f/2.0.

Kendati ponsel ini mengunggulkan kemampuan selfie, Oppo tak lantas melupakan kamera belakangnya. Dengan sensor berukuran 16MP dengan bukaan f/1.8. Hasil fotonya diklaim tidak kalah ciamik.

"Kami menambahkan di kamera belakang fitur Face Priority Exposure yang menyesuaikan wajah pengguna saat dipotret," ungkap Suwanto.

Selain kamera, layar Oppo F5 turut pula menjadi daya tarik. Mengusung layar nyaris tanpa tepi dengan ukuran 6 inci dengan rasio 18:9 dan resolusi FHD+.

"Teknologi Full Screen membuat F5 punya layar lebih lebar 12,5%. Jadi konten dapat ditampilkan keselurahan dalam satu layar dan memberikan pengalaman sinematif yang memuaskan," ujar Suwanto.

Oppo merilis ponsel barunya dalam tiga varian, yakni F5 Youth, F5 dan F5 6G. Ketiganya dibedakan dari spesifikasi RAM dan memori internalnya. Untuk dapur pacu, semuanya ditenagai prosesor octa core Helio P23 berkecepatan 2,5 GHz.

Soal harganya, F5 dijual Rp 3,999 juta (RAM 4 GB dan ROM 32 GB) dan Rp 5,199 juta (RAM 6 GB dan ROM 64 GB). Keduanya sudah mulai tersedia 11 November 2017.

Oppo juga menghadirkan F5 Youth dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sayangnya belum ada informasi soal harga jualnya, Oppo hanya menginformasikan ponsel ini akan hadir akhir November dengan kamera depan 16 MP dan kamera belakang 13 MP.

Keseluruhan Oppo F5 akan menjalankan user interface ColorOS 3.2. Punya dua slot SIM card dan satu slot Micro SD.

Teknologi AI

Oppo F5 resmi dirilis. Ponsel ini membawa teknologi kecerdasan buatan (AI) di kamera selfie, untuk apa?

Seperti diketahui Oppo F5 masuk dalam jajaran seri Selfie Expert. Bila perangkat sebelumnya, F3, mengandalkan dua kamera selfie, Oppo tidak mengaplikasikan kembali fitur tersebut di ponsel barunya.

F5 hanya mengandalkan satu kamera dengan ukuran 20 MP. Vendor asal China itu memperkuatnya kemampuan kamera selfie-nya itu dengan teknologi bernama AI Beautify Recognition.

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto menjelaskan AI Beautify Recognition ini dikembangkan selama setahun di China. Dalam pengembangannya, tim riset Oppo dibantu sejumlah ahli kecantikan.

Meski saat ini hanya disematkan di kamera depan, tidak menutup kemungkinan teknologi pintar ini akan dihadirkan ini di kamaera belakangnya. "Teknologi ini bukan dalam bentuk hardware, namun dibuat dalam wujud software," kata Aryo.

Sementara itu di tempat yang sama, Marketing Planning Manager Oppo Indonesia Suwanto memaparkan cara kerja teknologi AI Beautify Recognition di F5. Mula-mula fitur canggih ini akan melakukan pengenalan pada wajah pengguna. Ada 254 titik di wajah yang dipindai.

Selanjutnya teknologi ini akan menganalisa sejumlah kriteria wajah. Dimulai dari warna dan tipe kulit, jenis kelamin hingga usia. Data yang terkumpul akan dibuatkan pengaturan personal selfie.

"Foto yang dihasilkan sesuai dengan kondisi wajah subjek foto. Ini akan menjawab keluhan akan beautify yang hanya menawarkan hasil yang sama untuk semua orang," kata Suwanto.

AI Beautify Recognition ini tidak hanya dapat digunakan untuk foto selfie, tapi juga wefie. Alhasil tiap subjek akan diberikan personalisasi. Selain diaplikasikan di foto, pengguna bisa memanfaatkan teknologi saat merekam video.

Menariknya teknologi AI Beautify Recognition digunakan untuk face recognition. Sehingga pengguna diberikan opsi kemudahan dalam membuka ponsel, selain passcode atau sidik jari. Ada 128 titik wajah yang akan dipindai tiap kali perangkat dihadapkan ke wajah pengguna.

"Butuh kurang dari 1 detik untuk membuka perangkat dengan facial unlock," kata Suwanto.

 

Gencil.Com

Tags

 
 
 



X
Baca Juga