Brand Update

Meval Gencarkan Pelayanan Pelanggan Lewat Perluasan Distribusi

Oleh :   Senin, 17 Oktober 2016   Viewer bisnisupdate.com  1519 Hits
Meval Gencarkan Pelayanan Pelanggan Lewat Perluasan Distribusi
Ketarangan Gambar :  (Salah satu produk andalan Meval/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Pasar lampu dan produk electrikal memang masih luas. Semua orang pasti butuh penerangan, baik skala rumah tangga, kantor, Pemerintah, dan lainnya. Pangsa pasar yang luas tersebut tidak cukup hanya dipenuhi oleh beberapa merek saja. “Karena pasar masih luas dan sangat haus akan produk-produk berkualitas dengan pelayanan yang baik, kecepatan merespon keluhan dan mendeliver apa yang sudah dijanjikan menjadi salah satu nilai tambah bagi kami untuk masuk di pasar,” kata Charles. W. Suryana, Marketing Manager PT Mitra Amertha Sejahtera, Perusahaan yang membawahi merek Meval.

Karena kondisi pasar tersebut, sebagai brand yang baru hadir, Meval cukup percaya diri melenggang ke pasar lampu. Apalagi, merek yang baru lahir ini memfokuskan diri kepada kualitas dan pelayanan yang prima sampai ke end costumer. Apalagi kebutuhan masyarakat dan dunia usaha terhadap produk lampu berkualitas sangat tinggi. “Demand selalu meningkat, pertumbuhan dunia usaha atau commercial sector juga terus tumbuh, residensial pun juga cukup tumbuh, produk Meval memang didesain untuk mensupport kebutuhan mereka, baik di sektor bisnis atau pun penggunaan di rumah tangga," kata Charles W. Suryana, Marketing Manager Meval.

Dengan tagline “Kualitas Hebat Harga Hemat” Meval fokus memperluas jaringan distribusi di berbagai wilayah di Indonesia. Saat ini, selain fokus memperluas jaringan distribusi seperti toko-toko listrik, Meval juga gencar melakukan promosi ke outlet-outlet listrik yang sudah bekerjasama. “Ketersediaan produk menjadi fokus perhatian kami dalam mengembangkan Meval, karena dengan tingkat affordability yang memadai, kualitas produk, dan servis yang baik menjadi salah satu keunggulan kami di pasar,” kata Charles.

Meval mengeluarkan tiga jenis lampu, yaitu lampu rumah tangga, lampu komersial, dan lampu industri. Salah satu cara untuk mengoptimalkan penjualan produk Meval dengan meningkatkan affordability, yakni merangkul toko-toko listrik. “Awal tahun 2016 Meval sudah menjangkau daerah-daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tenggah, Jawa Barat, Yogyakarta. Kalimantan dan Sulawesi juga sudah ada titik-titik distribusi, dan setiap bulan kami akan terus menambah titik-titik distribusi khususnya di luar Jawa,” ungkap Charles.

Dalam pelayanan pelanggan misalnya, jika ada komplain terkait produk yang mati, maka toko listrik yang menjual produk langsung mengganti produk. “Perjanjian kami ke toko pun sama, mereka bisa mengganti produk atau mengalkulasikan produk tersebut pada pemesanan berikutnya, form pengembalian lampu yang mati pun kami siapkan, toko tinggal mengisi form tersebut dan memberikan ke sales kami yang tiap 2 minggu sekali berkunjung ke toko tersebut,” ujar Charles. Jadi, konsumen pun percaya dan yakin kalau produk Meval sangat cepat jika ada masalah. “Dan toko bisa lebih leluasa menjual dan punya kepastian dalam hal return produk Meval,” kata Charles.

Namun, ketatnya persiangan pasar, Charles melihat, bahwa Meval masih terus membutuhkan kerja keras untuk membangun brand dan memenangkan bersaingan di pasar. Komitmen dan konsistensi yang paling dikedepankan dalam mempertahankan brand di pasar. “Kita tidak main-main dalam kualitas. Contohnya lampu LED, kita kasih garansi selama dua Tahun, apabila sebelum dua tahun ada masalah kami ganti dengan yang baru,” ungkap Charles.

Untuk memperkuat posisi brandnya, Meval selalu mengedepankan servis atau pelayanan, khususnya dengan memperhatikan toko-toko listrik yang menjual produk Meval. “Selain mudah mengembalikan produk reject, Meval sangat konsen memberikan promo-promo yang mengguntungkan bagi toko listrik,” tambahnya.  

Terkait dengan lampu LED, Charles melihat persaingan di bisnis LED ini masih belum terasa. “Penetrasinya masing-masing brand masih belum optimal, prosentasenya masih 5%,” kata Charles. Karena itu, Meval menurutnya akan sangat konsen dalam mengembangkan produk LED di pasar. “Selain ramah lingkungan, LED juga sangat hemat dalam penggunaan energi, walaupun harganya mahal, tetapi lebih hemat dari lampu biasa, awalnya saja mahal, life time produknya lebih lama,” ujar Charles.

Ke depan, Meval akan konsen mengembangkan lampu LED dan membuat industri Lampu LED akan semakin sengit persaingannya. Karena, dimata Charles, ke depan produk yang ramah lingkungan akan mempunyai demand pasar yang tinggi. Selain itu, konsentrasi di digital marketing juga tengah disiapkan. “Agar Meval bisa semakin populer di digital dan konvensional,” katanya.

Gencil.Com



X
Baca Juga