Brand Update

Intel Luncurkan Prosesor Terbaru Berbasis GPU AMD Radeon

Intel Luncurkan Prosesor Terbaru Berbasis GPU AMD Radeon
Ketarangan Gambar :  (Prosesor Intel)

Jakarta, BisnisUpdate.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa Intel dan AMD adalah musuh bebuyutan di industri semi konduktor. Namun, baru-baru ini Intel dan AMD bekerja sama membuat sebuah prosesor baru yang memadukan CPU Intel dengan kemampuan grafis AMD GPU Radeon.

Ya, itu merupakan prosesor Intel pertama yang menggunakan GPU atau chip grafis terintegrasi dari AMD Radeon.

"Kolaborasi AMD dengan Intel akan mengekpansi penggunaan GPU Radeon ke sebuah platform baru yaitu prosesor Intel dengan grafis terintegrasi dari Radeon. Ini akan memberikan solusi bagi pasar laptop saat ini," kata Scott Herkelman (Vice President sekaligus General Manager AMD Radeon Technologies Group).

Intel mengatakan prosesor terbarunya menyasar perangkat laptop ultra thin karena menawarkan desain yang tipis dan performa yang ganas. Intel mengklaim prosesor terbarunya itu tidak kalah dengan prosesor laptop berukuran tebal lainnya.

"Lewat kerja sama ini… kami menawarkan PC (laptop) yang tipis dan ringan serta mampu menghasilkan performa grafis setara GPU discreet," ujarnya.

Berdasarkan laporan The Wall Street Journal, laptop ultrathin yang menggunakan prosesor itu akan memiliki performa premium dengan form factor yang lebih fleksibel dan lebih tipis.

Alasan Intel menggandeng AMD karena AMD memiliki teknologi APU yang memungkinkan sebuah prosesor dapat memiliki GPU yang terintegrasi lebih baik.

Juru bicara Intel mengatakan saat ini laptop-laptop kelas enthusiast menggunakan prosesor Intel Core-H series dengan tambahan sebuah GPU tambahan. Gabungan keduanya membuat ukuran laptop semkain tebal sebesar 26mm dan berat.

"Ini membuat partner kami kesulitan merancang laptop tipis yang sedang menjadi tren saat ini," katanya.

Prosesor Intel terbaru itu akan menggunakan CPU Intel Core generasi ke-8 dengan teknologi Core-H Series dan GPU AMD Radeon yang menggunakan teknologi High Bandwidth Memory generasi ke-2 atau HBM2.

Di dalam chip Core generasi ke-8 itu, inti CPU Intel terhubung dengan GPU Radeon AMD melalui teknologi embedded multi-die interconnect bridge (EMIB) berkecepatan tinggi. AMD juga memboyong teknologi high-bandwidth memory (HBM) 2 untuk Radeon.

Intel dan AMD memang mengincar performa gaming AAA yang sangat mumpuni untuk hadir di laptop ultra thin. Selain digunakan di kartu grafis komputer deskop dan laptop, GPU AMD Radeon juga terdapat di perangkat-perangkat konsol game modern seperti PlayStation 4 dan Xbox One X.

AMD dan Intel baru akan hadir di pasar pada 2018 dan akan membuat laptop tipis macam ultrabook dan 2-in-1 (convertible) cukup bertenaga untuk dipakai bermain game.

Gencil.Com

Tags

 
 
 



X
Baca Juga