Bisnis Update

"Yuk Nabung Reksa Dana" Jadi Tema Pesta Reksa Dana 2016

Ketarangan Gambar :  (Bursa Efek Indonesia/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com ― Reksa Dana adalah salah satu produk di pasar modal. Reksa dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas. Selain itu reksa dana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 23 Desember 2015, ada 1.083 produk reksa dana yang terdaftar di OJK dengan jumlah total Nilai Aktiva Bersih (NAB) sebanyak Rp 268,44 triliun dan Rp 181,94 miliar unit penyertaan dari 15 jenis reksa dana.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan data per akhir 2014 dengan 894 produk reksa dana yang terdaftar di OJK dan jumlah total NAB yang tercatat sebanyak Rp 241,57 triliun dari Rp 142,72 miliar unit penyertaan.

Untuk semakin meningkatkan minat kalangan masyarakat umum untuk berinvestasi di produk reksa dana di Indonesia, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI), dan didukung oleh OJK akan menyelenggarakan Pesta Reksa Dana 2016.

Tujuan penyelenggaraan Pesta Reksa Dana 2016 adalah sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bahwa investasi di pasar modal itu mudah, terencana dan murah. Sebab sampai dengan saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang menilai bahwa investasi di pasar modal merupakan sesuatu hal yang rumit, berisiko, dan mahal.

Tujuan lainnya adalah sebagai sarana peningkatan edukasi pasar modal secara langsung kepada masyarakat dan sarana peningkatan utilitas produk pasar modal. Melalui acara ini, masyarakat dapat membuka rekening reksa dana on the spot selama acara berlangsung. 

Pameran ini mengangkat tema “Yuk Nabung Reksa Dana”. Tema ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional Yuk Nabung Saham. Juga untuk mengubah paradigma masyarakat dari menabung menjadi berinvestasi.

Pesta Reksa Dana 2016 akan berlangsung di Lobby dan Main Hall Gedung BEI, Jalan Jend. Sudirman Jakarta, pada 27 - 30 Januari 2016 mulai pukul 08.30 -18.00 WIB (pada Rabu hingga Jumat), dan 08.30-15.00 WIB (pada Sabtu). Acara ini terbuka untuk umum, tidak dipungut biaya apa pun dan tanpa pendaftaran peserta.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga