Bisnis Update

Tumbuhkan Jumlah Pengusaha Muda, OIC Youth Gelar Islamic Young Entrepreneur Festival

Oleh :   Kamis, 07 September 2017   Viewer bisnisupdate.com  242 Hits
Tumbuhkan Jumlah Pengusaha Muda, OIC Youth Gelar Islamic Young Entrepreneur Festival
Ketarangan Gambar :  (Poster OIC Youth dan Islamic Young Entrepreneur Festival)

Jakarta, BisnisUpdate– Dalam rangka memeriahkan konferensi Pemuda Islam Dunia ( International Conference on Islamic Youth Education - ICIYE 2017) dengan peserta para pemuda dari anggota negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam / OKI dengan jumlah anggota mencapai 56 negara, akan mengadakan Islamic Young Entrepreneur Festival bekerjasama dengan PT Bintang Karya Sarana di Bandung, pada 6-8 Oktober 2017.

Terkait dengan kegiatan yang menopang konferensi tersebut, Tantan Taufik Lubis, Presiden OIC Youth mengatakan akan diselenggarakan juga Islamic Young Entrepreneur Festival. “Jika event konferensi bicara soal wacana, Visi dan langkah besar ummat Islam ke depan, maka di Islamic Young Entrepreneur Festival Ini Akan lebih fokus kepada langkah riil berupa penataan basis ekonomi pemuda Islam, kegiatan yang menyatukan generasi muda Islam dari sisi pengembangan ekonomi dan kewirausahaan,” katanya.

Tolub, Sapaan akrab Presiden OIC youth menegaskan bahwa jika semua negara Islam anggota OIC ini menjalin kerjasama bisnis dengan Indonesia, maka produk-produk lokal yang berasal dari UMKM Indonesia juga pasti dapat tumbuh dan besar di seluruh dunia. “Imbasnya kepada kesejahteraan generasi muda Islam Indonesia, dan berkontribusi nyata pada penguatan ekonomi Indonesia,” katanya dengan semangat berapi-api.

Islamic Young Entrepreneur Festival ini adalah event yang ingin membangun konektivitas antara wirausaha muda Dari 56 negara OIC , sarana tukar menukar informasi bisnis, link and match

kebutuhan dan peluang perdagangan dan bisnis antara negara Islam. “Kita sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar di Dunia punya kepentingan, bahwa bukan sekedar menjadi kawan dan kenal belaka, tetapi negara-negara anggota OIC Youth juga bisa berpartisipasi terhadap pembangunan ekonomi nasional dengan membeli produk-produk kita Dan Bahkan berinvestasi, Indonesia tidak hanya punya produk unggulan yang bisa dijual, namun juga punya market yang besar. karena jika kita bisa membaca postur kepentingan dan kebutuhan negara-negara tersebut, ada share benefit di sana, selain ada koalisi secara politik, ikatan ekonomi bisa lebih besar di sana,” katanya.

Sebagai Presiden Pemuda OKI, Tolub juga mengajak peran serta aktif para pemuda Islam yang ada di berbagai Organsisasi, baik kepemudaan Islam atau pun komunitas-komunitas bisnis untuk mensupport event ini secara maskimal dengan hadir dan berinteraksi langsung dengan berbagai perwakilan negara-negara Islam. “Saya mengharapkan para pengusaha muda muslim dari berbagai latar belakang usaha dan komunitas atau organisasi untuk datang dan mensukseskan acara ini secara massif, agar gaung dan ‘suara’ event ini dapat dirasakan oleh berbagai elemen bangsa dan menjadi sarana yang tepat dan elegan untuk membangun kerjasama ekonomi dan bisnis dengan 56 negara Islam yang hadir di konferensi ini,” katanya.

Selain itu, kelebihan lainnya dari event ini adalah kita akan disuguhkan berbagai pemikiran yang berasal dari para pemimpin aktivis pemuda Islam Indonesia multi back ground organisasi.

Khusus untuk pengusaha Muda, event ini penting dihadiri. “Untuk mencari network dan buyer di sana, karena mendatangkan entrepreneur muda dari berbagai belahan dunia, dan bisa berhubungan langsung dengan delegasi negara lain. Misalkan UKM kita produksi fashion, apakah produk fashion kita cocok untuk mereka,” katanya.

Tren dunia Islam saat ini adalah fashion syar’i misalnya,banyak komunitas hijabers yang bukan hanya di Indonesia saja, tetapi di Turki, Russia , Malaysia , Brunei serta negara lainnya banyak UMKM-UMKM punya produk fashion. “Ini bisa jadi sarana kolaborasi yang baik dan startegis, karena Pan Islamisme di Eropa, Afrika Dan juga Amerika sedang bangkit, sehingga kebutuhan untuk menutupi aurat dan berpakaian sesuai syar’I pun sedang tren dan meningkat, nah produk sektor fashion punya peluang untuk eksport, selama ini produk kita hanya di negara-negara ASEAN saja, negara lain belum tersentuh , harusnya mereka bisa lebih fokus untuk ekspansi di negara-negara anggota OKI lainnya,” ujar Tolub.

Inline dengan hal tersebut, maka Tolub menegaskan bahwa entrepreneur Islam juga harus intens mendorong perkembangan kewirausahaan di negara-negara anggota OKI. “Aktivitas bisnis bisa menggerakkan anggota-anggota OKI untuk saling menguatkan dan membangun soliditas internal antar sesama anggota dengan hubungan dagang dan politik yang lebih kuat lagi,” katanya.

Untuk diketahui, Dari level nasional yang akan hadir pada event tersebut adalah perwakilan pemuda Islam dari berbagai organisasi Indonesia seperti HMI, PII, IMM, PMII, GPII, IPPNU, Fatayat NU, Pemuda Persis, Pemuda PUI, Alwasliyah, Mathlaul Anwar Dan lainnya. Ada juga dari HIPMI, KADIN, Syabab Hidayatullah, TDA, KPMI, IIBF, dan sejumlah komunitas bisnis lainnya.

Dalam event ini juga terbuka kesempatan sponsorship untuk memperkenalkan produk dan layananya secara global dan mendapatlan jaringan bisnis secara nasional. Informasi sponsorship dan kepesertaan dapat menghubungi 0813 1900 0236, 0815 1317 5191, 0813 1852 1930, 0813 8209 9817 atau kunjungi official website www.icyf-dc.org, www.bintang-ks.co.id email oicyouth.supp@gmail.com iyefestival.official@gmail.com dan join di offical facebook https://www.facebook.com/ermazein1234/?ref=aymt_homepage_panel

Salles Ngepet

Tags

 
 
 



X
Baca Juga