Bisnis Update

Triwulan I 2016, Neraca Perdagangan Surplus US$ 1,64 Miliar

Triwulan I 2016, Neraca Perdagangan Surplus US$ 1,64 Miliar
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi neraca perdagangan/ekon.go.id)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Neraca perdagangan pada Maret 2016 dan keseluruhan triwulan I 2016 dipandang positif oleh Bank Indonesia. Neraca perdagangan Indonesia pada 2016 sendiri terus mencatat surplus, terutama didukung oleh surplus perdagangan nonmigas. Surplus neraca perdagangan Indonesia triwulan I 2016 tercatat sebesar US% 1,64 miliar. Angka tersebut meningkat dibandingkan surplustriwulan IV 2015 sebesar US$ 0,45 miliar.

Surplus neraca perdagangan nonmigas tercatat sebesar US$ 0,79 miliar, turun dibandingkan dengan surplus pada Februari 2016 sebesar US$ 1,15 miliar. Berkurangnya surplus nonmigas tersebut dipengaruhi oleh kenaikan impor nonmigas sebesar 7,88% (mtm) yang melampaui kenaikan ekspor nonmigas sebesar 3,58% (mtm).

Berdasarkan press release yang diterima, kenaikan impor nonmigas tercatat didorong oleh naiknya impor biji-bijian berminyak, mesin dan peralatan mekanik, mesin dan peralatan listrik, plastik dan barang dari plastik, dan bahan kimia organik. Peningkatan impor nonmigas, khususnya mesin dan peralatan mekanik atau listrik sejalan dengan kegiatan ekonomi domestik yang semakin membaik.

Sementara itu, peningkatan ekspor nonmigas didukung oleh kenaikan ekspor besi dan baja, bahan bakar mineral dan ekspor manufaktur, terutama mesin atau peralatan listrik, kendaraan dan bagiannya, dan berbagai produk kimia.

Neraca perdagangan migas mencatat defisit sebesar US$ 0,30 miliar, meningkat dari US$ 0,01 miliar pada Februari 2016. Peningkatan defisit tersebut dipengaruhi oleh kenaikan impor migas sebesar 36,25% (mtm), terutama impor minyak mentah yang lebih besar dari kenaikan ekspor migas sebesar 10,40% (mtm).

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga