Bisnis Update

Top 10 Situs E-Commerce Indonesia Paling Populer

Kaskus.co.id masih teratas, Bhinneka.com terbenam di posisi bontot, dan Zalora tak masuk daftar.

Top 10 Situs E-Commerce Indonesia Paling Populer
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Top 10 situs e-commerce Indonesia paling populer/infokuis.id)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Di era digital yang semakin berkembang ini telah berdampak banyak pada kegiatan bisnis di global, tak terkecuali di Indonesia sendiri. Lahir dan maraknya perusahaan berbasis digital di Indonesia pun bisa jadi indikasinya.

Lahirnya situs-situs e-commerce, baik yang murni buatan anak negeri sampai dengan yang terlahir dari perusahaan nasional dan multinasional yang berkongsi, bisa menjadi acuan bila iklim bisnis digital kian menarik minat banyak orang, tak terkecuali investor.

Apalagi, berdasarkan temuan eMarketer yang dikutip oleh Techinasia Indonesia menyebutkan jika pasar e-commerce Indonesia mencatatkan pertumbuhan terbesar di Asia Pasifik hingga 2017 mendatang.

Karena itu, tim Bisnisupdate.com mencoba mengumpulkan data dan mengurutkan perusahaan e-commerce Indonesia mana saja yang paling populer dilihat dari banyaknya pengakses situs yang bersangkutan. Data pun kami urutkan berdasarkan peringkat di Alexa.com dan dari berbagai sumber. Dan Top 10 situs yang kami urutkan ini berasal dari berbagai jenis bisnis e-commerce yang ada di Indonesia.

Berikut data Top 10 ­situs e-commerce Indonesia paling populer versi Bisnisupdate.com:

1. Kaskus.co.id

Forum-Jual-Beli-Kaskus

Mungkin tak sedikit dari kita yang mulai mengesampingkan situs satu ini. Wajar jika mengingat Kaskus.co.id lebih terkenal sebagai forum diskusi. Namun, jangan lupakan jika situs yang didirikan oleh Andrew Darwis ini juga memiliki Forum Jual Beli (FJB) Kaskus. Sebab itu Kaskus masuk dalam kategori e-commerce yang berjenis classified atau iklan baris.

Seperti yang dikutip dari Techinasia Indonesia, Kaskus tidak mengharuskan penjualnya untuk menggunakan fasilitas rekening bersama. Jadi, transaksi antara penjual dan pembeli secara langsung masih memungkinkan untuk dilakukan.

Di Alexa.com, situs Kaskus berada di peringkat 8 Indonesia atau 307 dunia (Februari 2016).

2. Bukalapak.com

Bukalapak.com

Situs e-commerce  berjenis marketplace yang didirikan oleh Achmad Zacky ini masih menjadi pilihan utama bagi banyak pelaku usaha. Pasalnya, seperti yang dikutip dari liputan6.com, Bukalapak memang menempatkan diri sebagai tempat berjualan secara online bagi lebih dari 190 ribu penjual.

Di Alexa.com, situs Bukalapak berada di peringkat 10 Indonesia atau 439 dunia.

3. Tokopedia.com

Tokopedia

Berikutnya adalah situs e-commerce yang juga berjenis marketplace. Tokopedia bisa dikatakan begitu ekspansif dalam mengembangkan bisnisnya. Hal itu dapat terlihat dari maraknya iklan Tokopedia yang sering kita temui, baik dalam bentuk billboard, iklan tv hingga media sosial.

Masifnya Tokopedia dalam beriklan tak terlepas dari jumlah investasi yang telah didapatkan. Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, dari dana $ 100 juta atau sekira Rp 1,2 triliun yang didapat dari SoftBank dan Sequoia Capital di 2014 lalu, dimanfaatkan untuk promosi perusahaan. Disebutkan juga bila per Desember 2015 tercatat ada 9 juta produk yang terjual di Tokopedia dengan 500 ribu penjual yang ada.

Di Alexa.com, situs Tokopedia berada di peringkat 13 Indonesia atau 542 dunia.

4. Lazada.co.id

Lazada

Salah satu cabang anak perusahaan internet asal Jerman, Rocket Internet, Lazada Indonesia berada di posisi keempat. Di Asia Tenggara, Lazada Group sendiri telah beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam dan Thailand.

Lazada sendiri merupakan situs e-commerce yang berjenis toko online atau online shop. Disebut demikian karena Lazada Indonesia memiliki stok produk sediri yang dapat dijualnya langsung secara online kepada pembeli. Konsep bisnis yang digunakan ialah B2C (business to consumer).

Di Alexa.com, situs Lazada berada di peringkat 20 Indonesia atau 638 dunia.

5. OLX.co.id

OLX-Indonesia

Di peringkat kelima adalah situs yang dikenal sebagai situs jual-beli barang bekas, yakni OLX.co.id. Memiliki jenis bisnis e-commerce yang serupa dengan Kaskus, OLX Indonesia adalah situs yang berada di bawah naungan PT 701Search. OLX Indonesia sendiri terbentuk setelah mengakuisisi TokoBagus.com dan Berniaga.com, sebelum kemudian resmi beroperasi pada Februari 2015.

Di Alexa, situs OLX.co.id berada di peringkat 27 Indonesia atau 1.161 dunia.

6. Elevenia.co.id

Elevenia

Situs marketplace kembali hadir dalam daftar ini. Salah satunya ialah Elevenia.co.id. Elevenia sendiri merupakan perusahaan e-commerce yang diluncurkan oleh PT XL Axiata Tbk yang menggandeng perusahaan asal Korea Selatan SK Planet pada Maret 2014.

Di Alexa.com, situs Elevenia.co.id berada di peringkat 32 Indonesia atau 2.123 dunia.

7. Traveloka.com

Traveloka

Kali ini situs yang dikhususkan untuk pemesanan tiket pesawat hingga kamar hotel secara online berada di peringkat ketujuh. Dikutip dari anataranews.com, Traveloka.com merupakan perusahaan yang berbasis di Jakarta, memiliki tim yang solid sehingga mampu menjadi perusahaan nasional pertama yang mendapatkan investasi seri A dari Global Founders Capital dan East Ventures.

Di Alexa.com, Traveloka.com menempati peringkat 94 Indonesia atau 4.046 dunia.

8. MatahariMall.com

MatahariMall

Salah satu bagian dari Lippo Group ini hadir pada Februari 2015. Perlu diingat, sebelumnya MatahariMall.com adalah toko online yang menjual berbagai kebutuhan, mulai dari elektronik, fashion, buku, produk kesehatan dan kecantikan, hingga kebutuhan rumah tangga. Semua produk tersebut pun disuplai oleh jaringan Lippo Group, seperti Matahari Dept. Store, Hypermart, dan Books & Beyond.

Namun, baru-baru ini, MatahariMall juga akan memposisikan diri sebagai marketplace karena membuka program khusus dengan nama Jual Online Aja (JOA). Seperti yang dikutip dari infokomputer.com, MatahariMall sudah merekrut 100 pelaku usaha UKM untuk go online.

Di Alexa.com, MatahariMall.com berada di peringkat 103 Indonesia atau 3.910 dunia.

9. BliBli.com

Blibli.com

Hadir pada 2011, anak perusahaan dari Djarum Group ini merupakan pionir online shopping mall di Indonesia. Dikatakan demikian, sebab Blibli.com hampir serupa dengan marketplace, hanya saja penjual yang bisa berjualan di situsnya haruslah merek ternama yang sudah terverifikasi secara ketat.

Di Alexa.com, situs Blibli.com berada di peringkat 113 Indonesia atau 5.864 dunia.

10. Bhinneka.com

Bhinneka.com

Situs satu ini merupakan toko online yang khusus menawarkan produk-produk yang berhubungan dengan gadget dan aksesorisnya. Dikutip dari centerklik.com, Bhinneka.com merupakan pelopor online store yang kini terus berkembang dan menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia.

Bhinneka.com pun masuk dalam daftar 50 UKM potensial untuk emiten baru di pasar modal Indonesia, berkaitan dengan terbukanya akses pasar modal bagi industri UKM. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang UMKM, Koperasi, dan Industri Kreatif Sandiaga S. Uno sebagaimana yang pernah diberitakan oleh bisnisupdate.com.

Di Alexa.com, Bhinneka.com menempati peringkat 120 Indonesia atau 7.350 dunia.

Salles Ngepet



X
Baca Juga