Bisnis Update

Tidak Laku Jualan Smartphone, Sony Fokus Garap Bisnis Kamera

Tidak Laku Jualan Smartphone, Sony Fokus Garap Bisnis Kamera
Ketarangan Gambar :  (Sony Alpha 7RII)

Jakarta, BisnisUpdate.com - Sony adalah pemain lama di pasar elektronik smartphone. Sayangnya, Sony tidak bisa memanfaatkan momentum kehancuran Nokia dan BlackBerry yang kala itu menjadi penguasa pasar smartphone.

Saat ini Sony tidak berdaya menahan gempuran penjualan smartphone premium Apple dan Samsung. Di sisi entry level-nya, Sony pun tidak kuasa bersaing dengan smartphone murah buatan Tiongkok seperti Xiaomi.

Karena itu, Sony mengalihkan fokus bisnisnya dan menggarap industri kamera terutama pembuatan chip kamera yang canggih dan tangguh. Chip kamera Sony bisa digunakan untuk perangkat smartphone, video game serta software.

Penjualan chip kamera Sony yang kuat mampu menggenjot nilai saham Sony sekitar 20 persen seperti dikutip Reuters.

Media Finansial Barron mengungkapkan Sony sudah kalah telah di pasar elektronik karena penjualan televisi, komputer pribadi (PC) dan smartphone sudah anjlok dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Maret 2012, Sony merugi lebih dari USD9 miliar, sekitar setengah dari nilai pasar sahamnya pada saat itu. Karena itu, Sony melakukan restrukturisasi bisnis TV-nya dan menjual lini komputer Vaio pada 2014 serta mengurangi geliat penjualan di bisnis smartphone. Strategi itu membuah hasil dan membuat Sony masih tetap bertahan.

"Saat ini salah satu bidang yang menjadi kekuatan Sony adalah game dan chip kamera," kata Barron.

Sony telah menjual lebih dari 60 juta konsol PlayStation 4 sejak diluncurkan empat tahun lalu. Jumlah itu hampir dua kali lipat dari perkiraan penjualan unit konsol Microsoft Xbox One.

Sony juga telah meningkatkan layar TV-nya menjadi layar OLED dan 4K, menyusul perubahan tren pasar. Meskipun demikian, Sony tidak akan menghapus divisi smartphone dari perusahaannya.

Salles Ngepet

Tags

 
 
 



X
Baca Juga