Bisnis Update

Sektor Logistik Nasional Jadi Perhatian Kadin

Sektor Logistik Nasional Jadi Perhatian Kadin
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Sektor Logistik/aumund.de)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Sektor logistik nasional hingga saat ini dinilai masih terhambat oleh mahalnya beban biaya transportasi ke berbagai daerah di Tanah Air. Hal itu kini menjadi perhatian bagi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dalam menyiapkan sejumlah rencana aksi guna mengembangkan sektor logistik nasional.

“Kadin berharap membentuk lembaga formal pengembangan sumber daya manusia (SDM) logistik,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik Rico Rustombi di Jakarta (29/2).

Rico beranggapan, pembentukan lembaga formal pelatihan SDM seperti di bidang supply chain managemen sudah menjadi hal yang sangat penting. Selain itu, menurutnya, rencana aksi lainnya di bidang logistik adalah dengan melakukan advokasi berdasarkan hasil kajian dan monitoring, atau pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah di bidang logistik.

“Kita tidak boleh membiarkan pemerintah berwacana. Kita melihat pemerintah melakukan upaya konkret, tetapi hal itu belum menjawab,” tukas Rico.

Kadin bidang logistik sendiri diharapkan memiliki agenda tetap yang dilakukan secara transparan dan konstruktif.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Saleh Husin dalam kunjungannya ke Gresik (14/2) mengatakan, pembangunan kawasan industri yang menggunakan konsep integrasi infrastruktur dapat efektif meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya logistik.

Selain itu, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo usai Rakor di Kupang, Nusa Tenggara Timur (12/2) menilai, perbaikan sistem logistik di Tanah Air, khususnya bahan pangan strategis dapat membantu bank sentral dalam mengendalikan laju inflasi.

“Ketika inflasi rendah, kita ingin ini terjaga ke depan. Pada tahun 2016 ada risiko tekanan inflasi, khususnya dari harga pangan yang tipenya bergejolak,” ujar Agus.

Sepanjang tahun 2015, laju inflasi mencapai 3,35%. Angka tersebut di batas bawah target inflasi bank sentral yaitu 3-5%.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga