Bisnis Update

Sandiaga Uno : Berbisnis Butuh Passion

Oleh :   Selasa, 06 September 2016   Viewer bisnisupdate.com  227 Hits
Sandiaga Uno : Berbisnis Butuh Passion
Ketarangan Gambar :  (Sandiaga Uno dalam Seminar Sukses Berbisnis Waralaba/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta - “Love what you do and do what you love”. Begitulah petuah bijak Sandiaga Uno, Salah satu Pengusaha Nasional yang seringkali diminta untuk memberikan lesson learn berbisnis bagi pengusaha pemula. Kata-kata tersebut, menurutnya memang mudah diucapkan tetapi sangat sulit untuk diterapkan. Tetapi, ujarnya, sebagai pebisnis kita harus mencintai proses untuk bisa menikmati hasil yang besar.

“Bangun kapasitas bisnis anda secara terencana, jika ada peluang hitung secara cermat dengan business plan, maka segala resikonya dapat diantisipasi dengan baik dan terukur,” katanya saat menjadi Pembicara di Seminar “Sukses Berbisnis Waralaba” yang diadakan oleh Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) di event Pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2016 2-4 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) lalu.

Pria yang menjadi Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM ini menilai bahwa dalam berbisnis memang tidak semuanya sukses. “Banyak jebakan untuk gagal dan saya pun mengalami hal yang demikian. Saya contohkan bagaimana dengan proses akuisisi salah satu maskapai penerbangan, dengan proses yang sangat lama, kalkulasi yang amat cermat, business plan bagus, tetapi apa yang terjadi, kami kollaps, bahkan pesawat pun tak punya. Tetapi itulah bisnis, saya harus bangkit dan terus mencari cara untuk sukses dan berkembang,” katanya.

Karena itu, Sandi melanjutkan, jika sudah berada di persimpangan jalan, kita harus sadar dan terus konsisten di jalur yang benar. “Karena kalau tidak fokus dan salah pilih jalan, maka kegagalan sudah pasti ada di depan mata kita,” kata Pemilik beberapa perusahaan ini.

Berbicara wirausaha, dirinya juga sedang menyiapkan diri untuk intens menyelami dan mencari solusi bagaimana menumbuhkan jiwa wirausaha di masyarakat. “Hidup harus selalu belajar, sebab kita jangan terlalu menikmati hidup di zona nyaman, saya pun masih belajar dan sedang ambil S-3 di bidang wirausaha,” katanya memberi semangat para hadirin yang mayoritas adalah start up entrepreneur dan visitor pameran , calon franchise buyer.

Salles Ngepet

Tags

 
 
 



X
Baca Juga