Bisnis Update

Sampoerna Sukses Bukukan Laba Bersih Rp 6,1 Triliun, Kepercayaan Investor Meningkat

Oleh :   Kamis, 28 Juli 2016   Viewer bisnisupdate.com  189 Hits
Sampoerna Sukses Bukukan Laba Bersih Rp 6,1 Triliun, Kepercayaan Investor Meningkat
Ketarangan Gambar :  (Dok sampoerna/bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Hal tersebut terungkap saat pengumuman hasil audit Semester I 2016, termasuk penjualan bersih (tidak termasuk cukai) sebesar Rp. 21,5 triliun dan laba bersih sebesar Rp. 6,1 triliun, masing-masing meningkat sebesar 7,4% dan 22,7%, dibandingkan periode yang sama di tahun 2015.

Sampoerna berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin di pasar rokok Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 34,1% pada semester pertama 2016. Presiden Direktur Sampoerna, Paul Janelle, berkata, "Kami berhasil menjaga momentum bisnis dan menghasilkan pertumbuhan positif selama semester I 2016. Ini merupakan hasil nyata dari kepercayaan para perokok dewasa, merek-merek yang kuat, karyawan yang berdedikasi dan mitra bisnis yang berkomitmen.”

Pada bulan April 2016, para pemegang saham Sampoerna menyetujui pemecahan saham sebesar 25-1. Pemecahan ini menambah jumlah saham beredar Sampoerna dari 4.652,7 juta menjadi 116.318,1 juta lembar.

Jumlah investor meningkat signifikan setelah aksi pemecahan saham tersebut. Sampoerna merasa bangga atas kinerja bisnisnya dan berkomitmen untuk mempertahankan kepemimpinannya di Indonesia, yang memiliki perekonomian terbesar di Asia Tenggara. “Kepercayaan market meningkat, dan investor pun bangga akan kinerja kami,” kata Paul.

Paul melanjutkan, “Kapitalisasi pasar kami mencerminkan keyakinan investor terhadap Sampoerna dan Indonesia. Pemecahan saham kami mendukung tujuan Bursa Efek Indonesia dalam meningkatkan jumlah investor, transaksi dan trader yang aktif”.

Sekedar informasi, bahwa PT HM Sampoerna Tbk Didirikan pada tahun 1913, Sampoerna --afiliasi dari PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International Inc. -- adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia yang berfokus utama memproduksi dan menjual rokok kretek. Portofolio merek utama Sampoerna terdiri dari Dji Sam Soe dan Sampoerna A di segmen harga premium dan Sampoerna Kretek dan U Mild pada segmen di bawah harga premium.

Sampoerna juga mendistribusikan Marlboro, merek internasional terlaris di dunia. Sampoerna mengoperasikan tujuh pabrik di Jawa dan bekerja sama dengan 38 Mitra Produksi Sigaret serta mempekerjakan sekitar 70.000 karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung di tahun 2015, terutama dalam produksi sigaret kretek tangan.

Sampoerna mendistribusikan produknya melalui 106 kantor area penjualan dan distribusi di seluruh Indonesia. Sampoerna adalah pembayar pajak terbesar di Indonesia pada tahun 2015, dengan total pembayaran pajak ke Pemerintah sebesar kurang lebih Rp. 67,2 triliun.

Sampoerna adalah emiten dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia, di mana saham Sampoerna diperdagangkan dengan kode “HMSP.”

 

Salles Ngepet



X
Baca Juga