Bisnis Update

Rudi Halim Harapkan Dukungan Nyata Pemerintah Dorong Industri Mebel Indonesia

Rudi Halim Harapkan Dukungan Nyata Pemerintah Dorong Industri Mebel Indonesia
Ketarangan Gambar :  (Ketua Umum AMKRI Rudi Halim (Kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian Saleh Husin saat membuka IFEX 2016 di JIXPO Kemayoran/Humas IFEX 2016)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Sektor industri mebel dan kerajinan Indonesia merupakan salah satu industri penghasil devisa negara. Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) mencatatkan, di tahun 2015 ekspor mebel Indonesia mencapai US$ 1,902 juta atau meningkat 13% daripada tahun sebelumnya.

Namun, kendati demikian Indonesia baru berkontribusi sekitar US$ 2 miliar dari US$ 141 juta miliar permintaan pasar dunia akan mebel. Angka tersebut masih berada di bawah Vietnam yang mampu berkontribusi sekitar US$ 6,8 miliar.

Ketua Umum AMKRI Rudi Halim pun menyatakan perlunya dukungan nyata pemerintah untuk mendorong industri mebel Indonesia. “Untuk itu, kami mengharapkan dukungan nyata pemerintah, khususnya Bapak Jusuf Kalla sekalu Wakil Presiden RI yang notabene berasal dari pengusaha,” ungkapnya saat pembukaan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta, Jum’at (11/3).

AMKRI sendiri merasa optimis bila Indonesia dapat meningkatkan ekspor dalam mengisi pasar dunia. Apalagi mengingat potensi hutan produksi yang dimiliki Indonesia cukup luas dan adanya SDM yang berlimpah.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang turut hadir untuk membuka IFEX 2016 ini pun memberikan apresiasi dan dukungannya. Pria yang akrab disapa JK ini pun mengapresiasi berlangsungnya pameran mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia tersebut. Bahkan, ia menyebutkan bila industri mebel mampu memberikan banyak devisa bagi negara.

“Sektor ini (furniture) menyerap banyak tenaga kerja dan memberikan banyak devisa kepada negara,” ungkap JK.

IFEX sendiri merupakan salah satu kegiatan yang diklaim dapat meningkatkan nilai ekspor mebel dan kerajinan Indonesia. Untuk itu, AMKRI secara berkala akan menyelenggarakan pameran produk mebel dan kerajinan Indonesia yang bertaraf internasional di dalam negeri minimal dua kali dalam setahun.

Mantan Ketua Umum AMKRI Hatta Sinatra dalam konferensi pers The 2nd Indonesia Furniture & Craft Buyers Appreciation Award (BAA) menerangkan, untuk saat ini pasar ekspor mebel dan kerajinan Indonesia yang utama datang dari tiga negara, yaitu Jepang, Swedia dan Amerika.

Hatta menambahkan, untuk perusahaan A-Amerika, Inc. saja, setiap bulan selalu mengimpor 150 kontainer dari Indonesia. “Dan menurut mereka ada keunggulan di Indonesia yang tidak mudah dikerjakan di negara lain,” ujarnya.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga