Bisnis Update

PT PP dan Hanwha Siap Kerjasama Bangun 170 Ribu Perumahan

Oleh :   Jumat, 07 Oktober 2016   Viewer bisnisupdate.com  271 Hits
PT PP dan Hanwha Siap Kerjasama Bangun 170 Ribu Perumahan
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi)

PT PP (Persero) Tbk telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Hanwha Engineering dan Construction. MoU tersebut ditandatangani dalam rangka melakukan kerja sama dalam membangun 170.000 ribu unit perumahan terjangkau di Indonesia dengan menggunakan sistem precast concrete dalam 5 tahun kedepan.

Hal tersebut merupakan implementasi Perseroan dalam mendukung program pemerintah yaitu, ‘Program Satu Juta Rumah' yang dikhususkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), agar dapat memiliki hunian yang layak untuk dihuni. “PT Hanwha memiliki past performance yang luar biasa, Hanwha pernah membangun kota baru sebanyak 200.000 ribu unit di Irak hanya dalam 5 tahun,” jelas Tumiyana selaku Direktur Utama PT PP di Jakarta, Kamis (6/10).

Untuk nilai investasi, Tumiyana menuturkan, akan mempersiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp32 triliun dalam jangka waktu 5 tahun. Adapun dana yang sudah terserap sekitar Rp2 triliun. Dana tersebut digunakan untuk lower residensial di Gunung Putri dan saat ini sudah masuk proses toping off. Berikutnya untuk Kemala Lagoon baru masuk proses groundbreaking yang untuk lower residensial.

“Semua on konsep agar kedepan jika kita membicarakan past performance, kita sudah membangun kira-kira 21 ribu yang sudah terbangun,” tuturnya.

Sementara itu, capex yang digelontorkan PT PP untuk residensial sekitar 17% dari Rp32 triliun, sisanya untuk pembangkit dan infrastruktur. Meski capex residensial hanya 17%, namun ini bisa dibilang cukup besar, karena untuk residensial bisa roll over. “Begitu kita inject sekali nanti rumahnya di jual dan akan ada dana masuk lagi, begitu juga seterusnya,” ungkapnya.

Dalam kerja sama tersebut, PT PP melalui anak perusahaanya yaitu PT PP Pracetak yang bertindak selaku penyedia proyek, sedangkan PT Hanwha bertanggung jawab sebagai mensupervisi desain precast contruction maupun plan. Untuk menunjang kecepatan dan kualitas pelaksanaan konstruksi pembangunan rumah untuk MBR.

Perseroan juga akan melakukan investasi dengan membangun pabrik precast gedung yang menggunakan teknologi tinggi disertai dengan software engineering yang berfungsi untuk mengintegrasikan antara proses engineering dan proses produksi precast.

“Dengan terbentuknya kerjasama internasional ini diharapkan mampu menjawab tantangan dari pemerintah dalam penyediaan rumah tinggal yang dibangun dalam waktu singkat dan memiliki kualitas yang baik serta transfer teknologi konstruksi yang sudah berkembang secara Internasional untuk diterapkan di Indonesia,” tutupnya.

Salles Ngepet



X
Baca Juga