Bisnis Update

Produk Indonesia Jadi Primadona di Thailand

Produk Indonesia Jadi Primadona di Thailand
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi produk Indonesia/portal.kemlu.go.id)

Bisnisupdate.com, Bangkok ― Di ajang Bangkok International Gift+Bangkok International Houseware Fair (BIG+BIH) 2016 pada 19-23 April lalu, produk lifestyle Indonesia banyak diminati oleh buyer yang berasal dari berbagai negara, seperti Jepang, Doha, Singapura, Thailand, India dan RRT. Produk yang diminati di antaranya tas kulit, mutiara, kotak pensil dan lunchbox.

Menurut Atase Perdagangan Thailand Rita Tri Mutiawati, nilai transaksi yang berhasil diraih on the spot saja mencapai US$ 675 ribu. “Transaki potensial diperkirakan juga akan terjadi ke depannya. Delapan perusahaan asal Indonesia patut berbangga. Produk-produknya punya daya saing tinggi di kancah global,” tambahnya.

Rita pun melihat, pameran tersebut bisa memberi peluang yang baik bagi perekonomian Indonesia, terutama melalui penguatan UKM. Karena itu, ia pun mengimbau kepada pelaku UKM agar produk-produk mereka mampu menjadi primadona di negara-negara ASEAN dan dunia.

Penyelenggaraan pameran BIG+BIH 2016 merupakan hasil kerja sama Kementerian Perdagangan Thailand dengan Department of International Trade Promotion (DITP), Thai Lifestyle Product Federation (TLPF) dan Design & Object Association Thailand.

Kurang lebih terdapat sekitar 1.600 booth yang menempati 6 hall dengan total area seluas 40 ribu meter per segi. Para peserta pameran terdiri dari 600 perusahaan lokal Thailand dan dunia, seperti Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Ghana, RRT, dan negara-negara Eropa. Sementara negara ASEAN yang turut tampil meliputi Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Indonesia.

“Stan Indonesia ramai dipadati pengunjung yang sangat meminati produk dari batu dan tas kulit dikarenakan kualitas produk kita memenuhi standar internasional,” tutur Rita.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga