Bisnis Update

Penghargaan “Best Indonesia Deal 2015” dari FinanceAsia Jatuh kepada PT HM Sampoerna Tbk

Penghargaan “Best Indonesia Deal 2015” dari FinanceAsia Jatuh kepada PT HM Sampoerna Tbk
Ketarangan Gambar :  (PT Sampoerna Tbk/indonesianindustry.com)

Bisnisupdate.com ― Perusahaan tembakau terbesar di Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk baru saja menerima penghargaan “2015 FinanceAsia Achievement Award” untuk kategori “Best Indonesia Deal”. Penghargaan tersebut diberikan atas keberhasilan PT HM Sampoerna Tbk melaksanakan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dalam rangka Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMTED) pada Oktober 2015.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Presiden Direktur Sampoerna Paul Janelle di Hongkong (27/01).

PUT ini merupakan penawaran umum terbesar kedua di sepanjang sejarah di Asia Tenggara, dan terbesar di Indonesia sejak 2008. PUT telah berhasil menarik investor dalam maupun luar negeri, terutama dengan modal yang berasal dari investor luar negeri yang kemudian dikonversi menjadi arus masuk mata uang asing ke dalam negeri, yang tentunya menunjukkan kepercayaan terhadap perekonomian Indonesia dan juga pasar saham.

Hal tersebut membuat Sampoerna menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Indonesia, yaitu Rp 483,883 triliun per 27 Januari 2016.

FinanceAsia memuji keberhasilan Sampoerna yang telah melaksanakan PUT senilai Rp 20,768 triliun di tengah melemahnya kondisi perekonomian Indonesia pada tahun 2015.

"Sampoerna tetap berhasil menarik investasi luar negeri lebih dari 700 juta dollar AS," ujar FinanceAsia dalam keterangan tertulisnya. Paul Janelle pun mengapresiasi penghargaan yang diberikan FinanceAsia, sebuah institusi yang memiliki reputasi internasional di bidang pemberitaan pasar modal dan keuangan Asia selama 20 tahun.

“Sampoerna didirikan di Surabaya pada tahun 1913 dan kami telah mengembangkan bisnis kami melalui dedikasi puluhan ribu karyawan yang berbakat, serta kerjasama erat dengan jutaan pedagang, petani tembakau dan cengkeh. Kami bangga menjadi bagian dari Indonesia, dan penghargaan FinanceAsia ini menginspirasi kami untuk bekerja lebih keras lagi untuk para perokok dewasa, mitra usaha dan pemegang saham,” tutur Paul.

Ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia Haryajid Ramelan pun berkomentar, keberhasilan Sampoerna mendapatkan penghargaan 2015 FinanceAsia Achievement Award untuk kategori "Best Indonesia Deal" membuktikan bahwa perusahaan rokok ini mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para investor.

"Penghargaan dari FinanceAsia itu dapat meningkatkan kinerja perusahaan Sampoerna. Secara tidak langsung, ini juga merupakan bentuk kepercayaan investor terhadap perekonomian Indonesia,” tukas Haryajid.
Dengan setoran sekitar Rp 67 triliun pada tahun 2015, Sampoerna adalah pembayar pajak terbesar di Indonesia. Pada Desember 2015, Sampoerna merayakan pemasukan kembali saham HMSP ke dalam Penghitungan Indeks Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham Sampoerna juga dimasukkan dalam Morgan Stanley Composite Index (MSCI) sejak 2015.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga