Bisnis Update

Pemerintah Serap Aspirasi Masyarakat Dalam RUU Kewirausahaan

Pemerintah Serap Aspirasi Masyarakat Dalam RUU Kewirausahaan
Ketarangan Gambar :  (Afrizal Kusai saat memberikan sambutan pada malam Anugerah Wirausaha Indonesia (23/3)/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Untuk mempercepat pertumbuhan wirausaha, Pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan dan perundang-undangan untuk mendukung pertumbuhan jumlah wirausaha di Tanah Air. Dari pendanaan sepertu Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi sektor mikro yang tidak menggunakan anggunan, menekan bunga KUR hingga 9%, dan berbagai kemudahan dalam mengurus izin usaha, dan sertifikasi produk dan jasa.

Hal tersebut merupakan rangkaian dari sejumlah kebijakan Pemerintah untuk menggerakkan jumlah wirausaha di Indonesia. “Termasuk adanya RUU kewirausahaan, walaupun inisiatifnya dari DPR, tetapi Pemerintah, melalui Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi leader dalam penggodokan RUU tersebut, ingin menyerap aspirasi dari masyarakat wirausaha. Karena itu, saya merasa wajib hadir dalam forum-forum seperti ini, agar dapat insight lebih dalam soal perkembangan dan problem wirausaha, agar RUU tersebut menjadi payung hukum yang selaras dengan keinginan para wirausaha,” ujar Afrizal Kusai, Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM dalam sambutannya pada Anugerah Wirausaha Indonesia Indonesia (AWI) 2016, di Jakarta pekan lalu.

Sebab itu pula,  dirinya berharap bisa menyerap aspirasi dan apa saja persoalan yang sering dihadapi wirausaha, baik pemula atau pun yang sudah lama berwirausaha. “Tujuannya, agar RUU ini bisa sesuai dengan realitas pengembangan kewirasuahaan di Tanah Air dan menjadi solusi bagi persoalan membangun dan mengembangkan wirausaha,” katanya disambut tepuk tangan meriah hadirin Pemenang Anugerah Wirausaha Indonesia 2016.

Selain itu, ia juga berharap agar para wirausaha yang sudah punya pengalaman dan jam terbang yang lama, bisa membagikan pengalaman berwirausaha dengan generasi berikutnya yang memulai usaha jauh lebih muda.

“Dengan sharing experience ini kami berharap para generasi muda mendatang sudah sangat mudah untuk memulai jalan sebagai wirausaha, selain di-back up oleh modal usaha dari Pemerintah, dukungan kebijakan yang berpihak pada wirausaha, juga ada mentor yang siap mendukung terciptanya banyak pengusaha muda yang sukses kelak di Indonesia, berbagi pengalaman ini menjadi sangat penting untuk memudhakan generasi muda berwirausaha,” ujar Afrizal.

Afrizal pun menilai bahwa RUU tersebut dalam waktu dekat sudah akan digodok dengan serius oleh Pemerintah dan DPR. “Apalagi sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas), maka proses terwujudnya menjadi Undang-Undang bisa menjadi sangat cepat, sebab itu pula, sharing dan input dari masyakat wirausaha sangat kami butuhkan,” katanya seraya menyebutkan alamat email untuk menyerap aspirasi dan masukan dari pemenang Anugerah Wirausaha Indonesia 2016.

Mahmud

Salles Ngepet



X
Baca Juga