Bisnis Update

Pelindo 1 Ajak Valencia Menata Pelabuhan

Oleh :   Kamis, 14 Juli 2016   Viewer bisnisupdate.com  165 Hits
Pelindo 1 Ajak Valencia Menata Pelabuhan
Ketarangan Gambar :  (bumn.go.id/Bisnisupdate.com)

Terkait dengan rencana kerja sama di bidang manajemen dan operasional kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia 1 dan PT Biro Klasifikasi Indonesia telah menandatangani nota kesepahaman dengan Fundacion Valencia Port dan Internasional Societe Generale de Surveillance SA (SGS) di Kantor Otorita Pelabuhan Valencia, Senin (11/7).

Penandatanganan dilakukan oleh Dirut PT Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana, Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia Rudiyanto, CEO Fundacion Valencia Port Aurelio Martinez Estevez, dan Direktur Internasional Societe Generale de Surveillance SA (SGS) Roger Kamgaing. 

Dirut Pelindo 1, Bambang Eka Cahyana menyampaikan, era masa depan adalah persaingan antar pelabuhan di kawasan, baik nasional maupun regional dalam pelayanan penumpang dan barang. Ini harus didukung oleh pengintegrasian pelabuhan dan industri yang meningkatkan perekonomian kawasan Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau. "Pelabuhan-pelabuhan ini berada di bawah otoritas PT Pelindo 1," katanya. 

Menurut Bambang, tahapan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung direncanakan akan menjadi pelabuhan industri terbesar di Indonesia. Tahap pertama, pembangunan terminal multi fungsi yang telah berjalan dan akan selesai pada 2017. 

Tahap dua, pembangunan industrial gateway port yang akan selesai 2019. Kemudian tahap tiga dan empat. "Ini akan menciptakan 100.000 pekerjaan, menarik investasi sekitar 7 miliar USD dan mempunyai kapasitas bongkar muat barang mencapai 150 juta ton cargo."

KBRI Madrid menyambut baik kerja sama tersebut dan sejak awal telah mendorong Otoritas Pelabuhan Valencia melihat potensi kerja sama dengan Otoritas Pelabuhan di Indonesia. KBRI Madrid sangat menghargai tanggapan positif Otoritas Pelabuhan Valencia yang menyetujui usulan Indonesia terkait ruang lingkup kerja sama.

Salles Ngepet



X
Baca Juga