Bisnis Update

Para Pengusaha Oman dan Kuwait Tertarik Jalin Kerja Sama Jutaan Dolar ke Indonesia

Para Pengusaha Oman dan Kuwait Tertarik Jalin Kerja Sama Jutaan Dolar ke Indonesia
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi kerja sama/subseaworldnews.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Ratusan pengusaha Oman dan Kuwait dikabarkan tertarik menjalin kerja sama perdagangan dengan pengusaha Indonesia yang bernilai jutaan dolar. Kabar tersebut dibawa oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan yang membawa misi dagang ke kedua negara petrodollar tersebut.

“Hasilnya sangat positif. Pemerintah Oman dan Kuwait serta 150 pengusaha di kedua negara itu tertarik menjalin kerja sama pada lima sektor, yaitu perdagangan, energi, investasi, perbankan dan tenaga profesional,” ujar Ditjen PEN Nus Nuzulia di Jakarta, kemarin (11/4).

Nus beranggapan, misi dagang ke Oman dan Kuwait sangatlah strategis. Sebab kedua negara tersebut dinilai mampu menjadi pintu masuk bagi perdagangan Indonesia ke negara-negara lain di Timur Tengah. Nus juga menuturkan, Kuwait dan Oman tengah giat melakukan pembangunan berbagai sektor, seperti energy, infrastruktur, pariwisata, dan investasi.

“Untuk tenaga kerja profesional Indonesia tercatat beberapa permintaan yang perlu ditindaklanjuti segera,” sambung Nus yang menyebutkan total sekitar 689 tenaga kerja Indonesia yang dibutuhkan.

Di sisi lain, data Badan Pusat Statistik menunjukkan nilai total perdagangan nonmigas Indonesia-Kuwait pada periode 2011-2015 memperlihatkan pertumbuhan positif sebesar 2,97%. Pada 2015, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Kuwait tercatat sebesar US$ 146,2 juta dan impornya tercatat sebesar USD 234,67 juta.

Pada periode Januari 2016, total perdagangan nonmigas Indonesia-Kuwait tercatat sebesar US$ 15,26 juta dengan nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Kuwait sebesar US$ 8,77 juta dan impornya US$ 6,48 juta. Pada periode ini terdapat surplus bagi Indonesia sebesar US$ 2,28 juta.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga