Bisnis Update

Panin Luncurkan Reksa Dana dengan Pembagian Dividen per Bulan

Panin Luncurkan Reksa Dana dengan Pembagian Dividen per Bulan
Ketarangan Gambar :  (Direktur Panin Asset Management Ridwan Soetedja/Bisnisupdate.com)

Bisnisupdate.com ― Panin Asset Management baru saja meluncurkan Panin Dana Pendapatan Berkala, jenis reksa dana pendapatan tetap yang menempatkan 80%-10% investasinya pada instrument obligasi. Direktur Panin Asset Management Ridwan Soetedja menerangkan, penempatan obligasi dilakukan pada obligasi negara dan obligasi korporasi yang aman.

“Panin Dana Pendapatan Berkala bertujuan mempertahankan modal investasi serta memperoleh keuntungan melalui penempatan dana. Terutama dalam bentuk efek bersifat utang di pasa modal dan dalam bentuk instrument pasar uang,” jelasnya, saat peluncuran Panin Dana Pendapatan Berkala di Bursa Efek Indonesia (26/01).

Head of Operation & Business Development Panin Asset Management Rudiyanto, yang turut menemani, juga menerangkan, minimum pembelian Panin Dana Pendapatan berkala yaitu Rp 100 juta. Di kesempatan yang sama ia pun menjelaskan apa saja faktor penentu dari kinerja obligasi saat ini. Di antaranya ialah harga komoditas, nilai tukar dan kepemilikan asing pada obligasi.

“Harga minyak diperkirakan masih akan tetap rendah pada tahun 2016. Ditambah dengan perlambatan perekonomian China, diperkirakan harga komoditas belum akan naik pada tahun 2016 ini. Meskipun potensi penurunannya juga sudah terbatas,” ujar Ruiyanto menerangkan faktor penentu dari harga komoditas.

Untuk nilai tukar, Rudiyanto mengatakan jika nilai tukar rupiah yang wajar terhadap dollar berada di kisaran Rp 13.500 – Rp 14.000, dengan perkiraan inflasi sebesar 5% di Indonesia dan 2% di Amerika pada tahun 2016 ini.

Sementara untuk kepemilikan asing pada obligasi, Rudiyanto menuturkan porsi kepemilikan asing pada obligasi pemerintahan di Indonesia cenderung semakin besar. Hal tersebut dinilai dapat menyebabkan kinerja obligasi akan cukup rentan terhadap gejolak eksternal.

Lebih lanjut Ridwan Soetedja menerangkan, reksa dana Panin Dana Pendapatan Berkala yang dikelola Panin Asset Management memiliki kebijakan dividen. Yaitu adanya pembagian dividen setiap bulannya, di mana besaran dividen tergantung pada hasil pengelolaan reksa dana.

“Nasabah dapat memilih salah satu dari 2 metode pembayaran dividen, yaitu dibayarkan langsung ke rekening terdaftar milik nasabah, atau dividen digunakan untuk melakukan pembelian pada reksa dana lain,” paparnya.

Salles Ngepet



X
Baca Juga