Bisnis Update

Menteri Jonan Menganggap Pengembangan Bandara Wakatobi Berperan Strategis pada Sektor Pariwisata

Menteri Jonan Menganggap Pengembangan Bandara Wakatobi Berperan Strategis pada Sektor Pariwisata
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Bandara Matahora, Wakatobi/netralitas.com)

Bisnisupdate.com, Wakatobi ― Salah satu bandara yang pengembangannya menjadi fokus Kementerian Perhubungan, yakni Bandara Matahora di Wakatobi, kemarin (13/3) disambangi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Menteri Jonan sendiri melakukan kunjungkan kerja ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara untuk meninjau langsung sejauhmana tahap pengembangan bandara tersebut.

Bandara Matahora sendiri merupakan bandara kelas 3 yang terletak di desa Matahora, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan yang dibangun pada 2007 silam. Saat ini, bandara tersebut sedang dalam tahap pengembangan, baik pada sisi darat maupun udara.

Pada sisi udara, Bandara Matahora memiliki panjang Runway 2.000 x 30 meter, Taxiway 107 x 18 meter dan Apron 103 x 73 meter. Sementara itu, pada sisi darat bandara tersebut memiliki terminal penumpang seluas 1.524 meter per segi dengan kapasitas ruang tunggu 130 penumpang.

Pengembangan Bandara Matahora sendiri merupakan wujud fokus kerja Kementerian Perhubungan di bawah pimpinan Ignasius Jonan. Pengembangan tersebut untuk meningkatkan sarana dan prasarana transportasi dan kualitas pelayanan bagi masyarakat.

Selain itu, Jonan pun menganggap jika Bandara Matahora berperan strategis untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat, khususnya sektor pariwisata yang menjadi leading sektor Kabupaten Wakatobi. Karena itu, jajaran Direktorat Bandar Udara harus terus meningkatkan fasilitas keamanan dan keselamatan penerbangan di Bandara tersebut.

“Pemagaran harus rapi supaya air side-nya rapi. Karena ada maskapai penerbangan yang tidak mau masuk kalau air side-nya buruk. Area bandara juga harus steril semua karena ini, kan, menyangkut safety,” ujar Menteri Jonan.

Saat ini maskapai penerbangan Wings Air yang menerbangi rute menuju Wakatobi ini menggunakan pesawat ATR 72 dengan rute Kendari-Wakatobi dan frekwensi penerbangan 7 kali seminggu.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga