Bisnis Update

Menperin: Pameran Otomotif Perkuat Industri dan Investasi

Menperin: Pameran Otomotif Perkuat Industri dan Investasi
Ketarangan Gambar :  (Menteri Perindustrian Saleh Husin berfoto bersama (dari kiri) Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor)

Bisnisupdate.com, Jakarta - Pameran otomotif dinilai menjadi salah satu pendorong industri otomotif dan penguat aliran investasi sektor terkait. Alih-alih berkutat terhadap promosi produk, pabrikan pun diminta juga memaparkan kontribusi mereka pada pengembangan industri nasional.

Selain mengapresiasi penyelenggaraan pameran, Menteri Perindustrian Saleh Husin juga mengingatkan agar pelaku industri peserta pameran, terutama pabrikan, turut memberikan edukasi tentang perkembangan industri otomotif nasional.

“Saya secara pribadi meminta para pabrikan mengedukasi pengunjung  pameran dan konsumen. Sampaikan saja bagaimana sebagian ataupun keseluruhan mobil tipe A, B, C telah diproduksi di Indonesia. Memang perlu proses, kita mulai dari informasi lalu nanti berlanjut menjadi rasa bangga pada produk industri nasional,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin saat menerima pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Dalam jangka panjang, Saleh menekankan, hal ini membantu pabrikan mendapat kepercayaan konsumen karena industri otomotif sendiri juga tengah mendongkrak tingkat penggunaan komponen lokal dan investasi otomotif seiring dorongan pemerintah memperkuat struktur industri ini. 

Ke depannya, industri otomotif diharapkan menumbuhkan preferensi konsumen pada produk industri nasional. Apalagi, Indonesia terus menempel, mengejar, dan memenangi persaingan dengan industri otomotif negara lain di ASEAN, seperti Thailand. 

Salles Ngepet



X
Baca Juga