Bisnis Update

Menperin: Industri Sektor Penggerak Utama EKonomi Negara

Menperin: Industri Sektor Penggerak Utama EKonomi Negara
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi sektor industri/businessnonstop.in)

Bisnisupdate.com, Kupang ― Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) diimbau oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin agar terus berkontribusi dalam pengembangan dan peningkatan daya saing industri nasional. Pasalnya, industri dipercaya merupakan sektor penggerak utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penerimaan devisa negara dan penyerapan tenaga kerja.

Di tengah pemberlakukan pasa bebas, menurut Menteri Saleh, industri nasional harus mampu bersaing. “Karena itu pemerintah bersama Apindo perlu membangun sinergitas yang kuat melalui pelaksanaan berbagai program dan kebijakan untuk memudahkan investor berusaha di Indonesia,” ujarnya di Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional Apindo XXVII dan Musyawarah Nasional Khusus di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis (14/4).

Menteri Saleh sendiri mengklaim bila industri nasional, terutama pengolahan non-migas yang mampu tumbuh dan berkembang di tengah sulitnya perkonomian nasional dan global. Ia memaparkan, pertumbuhan industri pengolahan non-migas mampu mencapai 5%. Sektor industri non-migas dianggap masih yang paling berkontribusi pada struktur perekonomian Indonesia.

Selain itu, Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamandi pun mengakui keseriusan pemerintah menggerakkan ekonomi nasional dan memperkuat industri. Gencarnya pembangunan infrastruktur di berbagai daerah menjadi salah satu indikasinya. Juga terobosan-terobosan melalui paket-paket kebijakan pemerintah.

Hariyadi pun berharap, sinergi antara Apindo dengan pemerintah terus dilakukan untuk mempercepat realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. “Pada rapat kerja kali ini, sinergi dan peningkatan daya saing juga menjadi tema utama. Target kita bukan hanya pertumbuhan, tetapi juga menjadi pemimpin ekonomi. Tantangan ke depan adalah mewujudkan potensi ekonomi Indonesia menghasilkan produk riil,” terangnya.

Ia juga menegaskan, peran Apindo terus dinanti, baik kiprah dan manfaat oleh masyarakat untuk berkontribusi lebih besar. “Optimisme, inisiatif berusaha dan sinergi degan pemerintah diharapkan memacu pengembangan industri di tengah ekonomi global yang masih penuh tantangan,” tutupnya.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga