Bisnis Update

Mendag dan Menperin Dorong Kembali Pembahasan Perjanjian Kerja Sama RI dan Uni Eropa

Mendag dan Menperin Dorong Kembali Pembahasan Perjanjian Kerja Sama RI dan Uni Eropa
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif/strategihukum.net)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Menteri Perindustrian Saleh Husin memimpin delegasi untuk bertemu dengan pejabat European Commission demi membahas scoping paper Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (Comprehensive Economic Partnership Agreement/CEPA) RI dengan Uni Eropa.

Adapun delegasi yang dipimpin terdiri dari unsur Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Luar Negeri, Lembaga Kebijakan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan KBRI Brussel.

Dokumen scoping paper sendiri merupakan dokumen awal sebelum negosiasi perjanjian perdagangan bebas antara Indonesia dan Uni Eropa.

Sebagaimana keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri (6/4), melalui kunjungan tersebut Pemerintah Indonesia ingin menegaskan keinginan penyelesaian perjanjian dengan Uni Eropa. Sehingga dapat meningkatkan akses pasar barang dan jasa, juga pendalaman kerja sama ekonomi.

“Sebagai ekonomi terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia merupakan mitra strategis bagi Uni Eropa, dan perjanjian CEPA ini dapat membuka lebih banyak peluang untuk peningkatan kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi ke depan. Termasuk juga budaya pendidikan dan kuliner,” ujar Menteri Thomas.

Sejatinya, pembahasan perjanjian kerja sama antara RI dan Uni Eropa telah dipersiapkan sejak 2011. Sebab itu, tujuan pertemuan tersebut kali ini untuk mendorong kembali pembahasan perjanjian kerja sama itu.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga