Bisnis Update

LSPR Perkuat Kerjasama Kemitraan ASEAN – China

Oleh :   Rabu, 07 September 2016   Viewer bisnisupdate.com  344 Hits
LSPR Perkuat Kerjasama Kemitraan ASEAN – China
Ketarangan Gambar :  (China Mission to ASEAN, LSPR-Jakarta dan Tongji University di kediaman resmi Ambassador H. E Xu Bu)

Bisnisupdate.com, Jakarta – China sebagai negara maju dan berkembang, membuat banyak negara dan kawasan, termasuk ASEAN dan Indonesia di dalamnya, ingin menjalin kerjasama kemitraan yang strategis. Selain ekonomi dan bisnis, berbagai bidang juga dijalin demi eratnya jalinan kerjasama tersebut.

Salah satu item kerjasama yang dilakukan adalah di bidang pendidikan. Kerjasama  antara ASEAN-China merupakan hal yang sangat penting karena China merupakan salah satu negara yang kualitas pendidikannya sangat baik.

The Mission of The People's Republic of China memiliki program dibidang pendidikan yang bertujuan untuk membangun persahabatan dan kerjasama yang kuat. Melalui program dari  Ministry of Commerce of the People's Republic of China  (MOFCOM) yaitu seri seminar internasional dan  program beasiswa untuk S2 dan S3di berbagai Perguruan Tinggi terkemuka di China. Para partisipan dalam program ini termasuk negara anggota ASEAN.

Menurut Yuliana Riana P, MM, Head of Centre For ASEAN Public Relation Studies, LSPR-Jakarta pada tahun 2016, mendapat kesempatan istimewa ini dengan mengirimkan beberapa penelitinya mengikuti Seminar International di China.

Sampai dengan September 2016, terdapat 3 peneliti dan dosen LSPR-Jakarta yang mengikuti seminar international tersebut yaitu, Dr. Rino F Boer mengikuti Seminar for Scholar and Think Tank from the Countries Along The Belt and Road at Beijing, May 11- 31, 2016, dan  Yovi Bathesta, M.Pd mengikuti Seminar on Building Free Trade Zone for Countries in Belt and Road Areas, July 13th – August2nd, 2016 at Beijing, serta  Rani Chandra Oktaviani, M.Si mengikuti Seminar on The Contruction of National Standardization Capacity along The Belt and Road Countries, August 9th – 24th, 2016 at Changsa.

Selain itu, salah satu asisten peneliti dari CAPRS dan asisten dosen LSPR-Jakarta pada tahun 2016 ini mendapatkan beasiswa untuk program master degree yaitu CynthiaKeliat, S.I.Kom yang akan menempuh pendidikan Master of Administration di Huazhing University of Science & Technology.

Kerja sama dalam pendidikan antara ASEAN-China ini akan membantu negara-negara ASEAN meningkatkan kualitas pendidikannya dalam rangka membangun sumber daya manusia yang unggul.

Selain itu, Ambassador China to ASEAN, H. E Xu Bu mengundang dinner reception at his residence, on the occasion of a visiting group of teacher and student from Tongji University. Tongji University merupakan salah satu Universitas terkemuka di China.

Pertemuan ini diadakan oleh H.E Xu BU yang bertujuan untuk dapat menjadi pembuka kerjasama pendidikan antara LSPR-Jakarta dan Tongji University di masa depan seperti pertukaran mahasiswa dan pertukaran dosen.Hal ini sekaligus menjadikan salah satu bentuk nyata manfaat positif yang diperoleh Indonesia sebagai negara anggota ASEAN dalam menjalin kemitraan dengan The People's Republik of China.

Salles Ngepet



X
Baca Juga