Bisnis Update

Kopi Asli Indonesia Terbukti Jadi Kopi Favorit Kelas Dunia

Kopi Asli Indonesia Terbukti Jadi Kopi Favorit Kelas Dunia
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi kopi Indonesia/muvila.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Kopi asli Indonesia merupakan kopi favorit kelas dunia. Hal tersebut dapat dibuktikan dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Amerika Serikat (AS), Indonesia dinobatkan sebagai “Official Portrait Country”.

Untuk merayakan pencapaian ini, Kementerian Perdagangan menggandeng Alun Alun Indonesia (AAI) serta para pelaku dan berbagai kementerian terkait  untuk mengadakan eksibisi dan pameran kopi di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, pada 1-11 April 2016.

Acara ini mengusung tema ‘Celebrating Indonesia as Portrait Country of the 28th Specialty Coffee Association of America Expo 2016’ dengan kegiatan utama apresiasi kopi, termasuk coffee tasting, pameran, dan edukasi. “Masyarakat dapat menikmati dan merasakan berbagai jenis kopi spesial Indonesia melalui kegiatan coffee tasting,” tutur Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak.

Nus pun mengaku bangga dengan prestasi para pelaku usaha kopi yang membawa nama baik bangsa. “Kami berharap masyarakat semakin memahami dan mencintai kopi. Dengan kopi, Indonesia terpilih sebagai official portrait country dalam SCAA Expo 2016,” jelas Nus.

Sementara itu, dukungan para pengusaha kopi di dalam negeri juga sangat besar. Sejumlah perusahaan yang ikut meramaikan pameran kopi yaitu Tanamera Coffee, Anomali Coffee, Javanero, Supresso, Trigawa, dan Maharaja.

Menurut International Coffee Organization, Indonesia menduduki urutan ke-4 sebagai produsen kopi terbesar di dunia pada 2014 dengan perkiraan produksi mencapai 622 ribu metrik ton per tahun. Indonesia juga dikenal memiliki varian kopi terbanyak dengan jumlah hampir 100 jenis varian kopi arabika yang dikenal sejak 1699. Beberapa yang terkenal antara lain Sumatra Lintong, Sumatra Solok Minang, Java Preanger, Java Ijen Raung, Java Estate, Sulawesi Toraja, dan Papua Wamena.

Sementara di ajang SCAA Expo 2016 di Atlanta yang mengusung tema ‘Remarkable Indonesian CoffeeHome of World’s Finest Coffee’, Kemendag menampilkan specialty coffee terbaik dari seluruh daerah penghasil kopi Indonesia.

Serangkaian kegiatan juga telah dipersiapkan di Paviliun Indonesia, antara lain coffee cupping, coffee auction, dan coffee serving. Paviliun Indonesia juga akan dimeriahkan barista-barista terbaik Indonesia, antara lain juara barista Indonesia Yoshua Tanu dan Michael Utama dari Kopiku.

Ghiza

Salles Ngepet



X
Baca Juga