Bisnis Update

Ketersediaan Ruang Hijau Dapat Pengaruhi Nilai Properti

Ketersediaan Ruang Hijau Dapat Pengaruhi Nilai Properti
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi ruang hijau/Lamudi.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Hampir semua orang yang tinggal di wilayah perkotaan pasti membutuhkan ruang hijau. Kerap bertemunya dengan polusi udara atau suhu udara yang panas di luar ruangan pastilah membuat masyarakat perkotaan merindukan ruang hijau yang asri dan teduh. Sebab itulah, untuk pengembang atau investor properti, adanya ruang hijau tentu akan memiliki manfaat tambahan untuk meningkatkan nilai properti.

Seperti yang dilansir oleh sebuah portal properti global, Lamudi.com, telah dilaporkan bahwa kota yang memiliki presentase ruang terbuka hijau yang tinggi memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Lebih dari 50% dari populasi dunia tinggal di kota saat ini. Dan diprediksi akan meningkat menjadi 70% dalam kurun waktu 30 tahun ke depan. Hal tersebut dapat mengindikasikan bila kebutuhan ruang hijau akan semakin tinggi.

Sejalan dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, telah dilaporkan bahwa nilai properti dengan memiliki akses ke taman atau ruang hijau akan memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

Namun, ada hasil penelitian yang mengejutkan. Pasalnya, ada beberapa lapisan masyarakat yang masih menyangkal isu yang kita hadapi saat ini sebagai populasi global. Mereka cenderung melihat dari perspektif keuangan yang justru dapat membantu kualitas hidup orang perkotaan.

Di Amerika Serikat saja, harga real estate mampu meningkat sekira 7,1% dalam 6 tahun menjelang pembukaan Bloomingdale Trail, yakni sebuah taman yang mirip dengan High Line di New York.

Sebab itu, Lamudi menilai jika keberadaan ruang terbuka hijau merupakan solusi terbaik saat ini sebab dapat menguntungkan tubuh dan pikiran. Selain juga dapat meningkatkan nilai properti tentunya.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga