Bisnis Update

Kemudahan dan Kemanan Bertransaksi, Jadi Pemicu Tumbuhnya Bisnis dan Aplikasi Pembayaran Online

Kemudahan dan Kemanan Bertransaksi, Jadi Pemicu Tumbuhnya Bisnis dan Aplikasi Pembayaran Online
Ketarangan Gambar :  (generation-y/istimewa)

Maraknya pertumbuhan bisnis online menjadi lahan subur bagi pertumbuhan banyak aplikasi maupun situs yang membantu dan memanjakan  para penggunanya terutama generasi millenial dalam memberikan kemudahan melakukan transaksi secara online.

Mulai dari e-banking, game online, tiket konser, hingga membeli gadget seharga puluhan juta rupiah. Generasi millenial sebagai digital native sudah mulai terbiasa dan merasa nyaman dengan pengelolaan keuangan secara virtual. Hal tersebut selain didukung oleh tingkat pendidikan yang semakin baik dan juga tersedianya banyak informasi yang semakin mudah diakses baik melalui online maupun offline.

Fakta empiris tersebut juga ditemukan dalam survey online yang dilakukan oleh Facebook serta dilaksanakan oleh Crowd DNA dalam pengawasan Facebook, terhadap 1,000 respondennya yang berusia antara 13 sampai 24 tahun. Sebanyak 73% dari mereka memiliki ketertarikan tinggi terhadap perkembangan teknologi, dan 75% dari mereka merasa mengetahui teknologi lebih baik daripada orang tua mereka.

Keterikatan generasi millenial akan teknologi terlihat dari 84% responden yang menyatakan mereka tidak bisa meninggalkan rumah tanpa membawa ponsel mereka dan rata-rata dari mereka memiliki/menggunakan minimal 5 buah gadget termasuk smartphone, tablet, dekstop/laptop, game console dan TV.

Kecenderungan ini juga terlihat melalui tempat hang out millenial, di mana 55% dari mereka memilih melakukan hang out di dunia maya/online melebihi jumlah persentase hang out di shopping mall sebesar 47%, coffee shop/cafe sebesar 42% dan rumah makan siap saji/fast food sejumlah 39%.

Keterikatan mereka akan dunia teknologi juga ditunjang dengan tingkat kepercayaan mereka yang semakin baik terhadap aspek keamanan dalam bertransaksi secara elektronik.

Semakin banyak dari mereka merasa kemudahan fasilitas bertransaksi melalui media online sangat membantu kegiatan mereka sehari-hari,” ujar Iwan Setyawan, CEO Provetic yang melakukan riset berbasis media sosial tentang perilaku generasi milenial dan karakter mereka dalam hal keuangan.

Meningkatnya kualitas pendidikan telah banyak membantu generasi millenial untuk lebih memahami pentingnya keamanan digital dalam bertransaksi online. Ini juga dibantu dengan maraknya aplikasi mobile yang bermunculan dari instansi atau developer terpercaya semakin meningkatkan kepercayaan mereka akan keamanan transaksi secara digital. 

Hal ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi para penyedia aplikasi mobile untuk menciptakan sistem keamanan bertransaksi yang terpercaya tanpa mengabaikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi bagi generasi millenial, sehingga aplikasi mobile ini akan bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan bagi keseharian mereka, terutama dalam hal manajemen keuangan.

“Keamanan bertransaksi dalam menggunakan mobile apps adalah salah satu pertimbangan utama dalam memilih dan menggunakan mobile apps, dan tentu saja dapat memberikan manfaat positif ,” ujar Marsha Tengker, Pengusaha Muda & Instagrammer.

Yunus 

Salles Ngepet



X
Baca Juga