Bisnis Update

Kadin Kembali Mengkaji Kerjasama Ekonomi Indonesia-Hungaria

Kadin Kembali Mengkaji Kerjasama Ekonomi Indonesia-Hungaria
Ketarangan Gambar :  (Kadin Indonesia/kadin-indonesia.or.id)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Dalam kurun waktu 2010 – 2015 nilai perdagangan Indonesia–Hungaria mengalami pasang surut, tak pelak mendorong kedua negara makin intensif dalam menggarap potensi yang belum maksimal, mendorong kerjasama bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan bisnis kreatif. Dan salah satu upayanya ialah melalui Indonesia-Hungarian Joint Business Council (IHJBC).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P. Roeslani mengungkapkan, pihaknya akan mengkaji hal-hal yang bisa disinergikan bersama Hungaria. ’’Mereka cukup kuat di IT, startup mereka cukup bagus. Di bidang water treatment dan di renewable energy (energi terbarukan) juga bagus,’’ ujarnya.

Selama ini, Indonesia dan Hungaria sudah bekerjasama dalam hal komoditas komponen elektronik, mesin percetakan, karet, peralatan telekomunikasi, generator dan antibiotik. Dan kendala perdagangan yang terjadi antara dua negara ada pada transportasi dan logistik sebab tidak adanya penerbangan langsung Indonesia–Hungaria.

Kegiatan perdagangan sendiri dilakukan melalui laut yang akhirnya menyebabkan biaya transportasi tinggi karena harus melewati pelabuhan Koper, Slovania atau Hamburg, Jerman.

Hal positif pun disampaikan oleh PM Hungaria Victor Orban. Ia meyakini bahwa hubungan antara Indonesia–Hungaria bisa ditingkatkan secara lebih maksimal. “Sangat banyak kemungkinan yang potensial dari kerjasama Indonesia–Hungaria. Perusahaan industri Hungaria sangat setuju dengan kerjasama ini dan kami berharap kerjasamanya bersifat mutual,” ungkapnya.

Sejauh ini, berdasarkan data Eurostat, nilai perdagangan Indonesia dan Hungaria dalam kurun 2010-2015 mencapai nilai tertinggi pada 2011, yaitu Euro 181,091 juta. Lalu pada 2014 tercatat sebesar Euro 134,51 juta atau meningkat 7,30% dibanding 2013 sebesar Euro 126,22 juta.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga