Bisnis Update

Kadin Dorong Kemenkop dan UKM Bisa Dorong Pelaku UMKM Melek Digital Ekonomi

Kadin Dorong Kemenkop dan UKM Bisa Dorong Pelaku UMKM Melek Digital Ekonomi
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Digital Ekonomi/kris170845.wordpress.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― kementerian Koperasi dan UKM diminta oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk lebih mendorong pelaku usaha di Indonesia menuju digital ekonomi. Sebagaimana tren saat ini.

Ada dua tren yang tengah mengemuka saat ini menurut salah satu pengurus Kadin, Irfan Wahid. Dua hal tersebut yakni menjadi entrepreneur dan mendorong entrepreneur ke arah digital ekonomi.

“Untuk itu, Kadin Indonesia berharap Kementerian Koperasi dan UKM bisa mendorong pelaku UMKM di Indonesia ke arah digital ekonomi,” kata Irfan dalam Rapat Kerja bersama antara Kadin Indonesia dengan Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta (17/2).

Selain itu, menurutnya, karena Kemenkop dan UKM di bawah pimpinan Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga tidak memiliki perwakilan di daerah, maka pihaknya berharap agar Kemenkop UKM bersedia menggandeng Kadinda-Kadinda yang ada dalam pengembangan UMKM di daerah. “Terutama dalam hal pengembangan ekonomi kreatif yang sudah memiliki produk-produk unggulan,” tambahnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Sandiaga S. Uno menambahkan, bentuk dukungan terhadap UMKM saat ini bisa dilakukan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para pelaku ekonomi di akar rumput. “Selain itu berupaya untuk memperbaiki daya beli masyarakat dengan memberi stimulus pada usaha mikro,” ujarnya.

Industri kreatif, industri teknologi dan digital, industri tekstil berbasis ekspor, serta industri pariwisata, adalah sektor UMKM yang menurutnya saat ini tengah berkembang.

Menanggapi hal tersebut, Kemenkop UKM menyebutkan sudah menggulirkan beberapa program unggulan dalam pengembangan koperasi dan UMKM di Indonesia. Salah satunya ialah menjalin kerjasama dengan Kemendagri dalam menerbitkan ujin usaha mikro dan kecil (IUMK).

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga