Bisnis Update

Kadin Diundang Angola Berinvestasi di Sektor Perikanan

Kadin Diundang Angola Berinvestasi di Sektor Perikanan
Ketarangan Gambar :  ((Foto: kadin-indonesia.or.id))

Bisnisupdate.com ― Harga minyak dunia terus melemah sejak 2015 lalu, tak pelak kebijakan ekonomi suatu negara pun terpengaruhi karenanya. Dan Memasuki minggu ketiga di 2016, harga minyak dunia pun kini masih jatuh di tingkat terendah sejak 12 tahun terakhir.

Alhasil, negara-negara yang menggantungkan perekonomiannya pada perdagangan minyak mulai mengalihkan perhatiannya pada sektor lain yang berpotensi untuk menaikkan perekonomiannya, tak terkecuali bagi Angola.

“Bisnis dari minyak sedang menurun, kami melihat potensi yang besar untuk mengembangkan sektor perikanan,” kata Duta Besar Angola Fidelino Loy De Jesus Figueiredo di sela-sela diskusi dengan Kadin (18/1).

Duta Besar Angola tersebut pun mengatakan, pemerintah Angola telah menetapkan sektor perikanan sebagai salah satu program prioritas. Saat ini, kata Fidelino, pemerintah telah membangun sentra-sentra perikanan dengan bantuan keuangan dari The African Development Bank. Pihaknya juga mengaku telah melakukan upaya dalam berbagai pengadaan sarana dan prasarana untuk menunjang sektor usaha bidang perikanan.

“Kami mengundang para pelaku usaha perikanan Indonesia untuk bekerjasama baik untuk investasi, trading hingga transfer teknologi tentunya,” kata Fidelino.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto pun mengatakan, potensi perikanan Angola memang cukup besar. Di sana, para pelaku usaha perikanan bisa berinvestasi tak hanya dari ikan tangkap saja tetapi budi daya hingga processing. “Kerjasama untuk trading lebih memungkinkan, tetapi untuk berinvestasi juga lumayan bagus,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan kunjungan langsung ke Angola untuk melihat langsung potensi perikanan di sana. “Kalau mereka menawarkan, pastinya kita harapkan ada kemudahan-kemudahan untuk berinvestasi di sana. Jika mereka memberikan lahan, lalu ada kemudahan pembiayaannya, ya kenapa tidak,” pungkas Yugi.

Salles Ngepet



X
Baca Juga