Bisnis Update

Kadin Apresiasi Langkah BEI Perbanyak Kantor di Papua

Kadin Apresiasi Langkah BEI Perbanyak Kantor di Papua
Ketarangan Gambar :  (Kamar Dagang dan Industri)

Bisnisupdate.com ― Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengapresiasi langkah Bursa Efek Indonesia (BEI) yang membuka kantor di Jayapura, Papua. Tak hanya bermotif komersil, langkah BEI ini juga dinilai menjadi simbolisasai kedaulatan dan perhatian otoritas ekonomi pusat ke Papua.

Kadin sendiri menilai, dengan hadirnya BEI di kawasan Indonesia Timur merupakan simbol atas kedaulatan sebuah negara. Juga sebagai bentuk perhatian otoritas ekonomi pusat untuk daerah tertinggal seperti Papua.

“Kami menyambut baik langkah BEI, sebab kehadiran BEI di Papua dapat menjadi simbolisasi kedaulatan dan perhatian otoritas ekonomi di Jakarta ke daerah tertinggal seperti Papua,” kata  Andi Rukman Karumpa, Wakil Ketua Umum dan Koordinator Kadin Kawasan Timur Indonesia (KTI) dalam keterangan tertulis, Rabu (13/1).

Lanjut Andi, kehadiran tersebut dapat membuka peluang bagi BEI untuk membuka kantor informasi dan perdagangan di kota-kota lainnya di KTI. Sebab, potensi investor di KTI sangat besar seiring dengan meningkatnya populasi kelas menengah di kawasan ini.

Namun, dengan terbatasnya sarana yang tersedia, Andi menilai jika yang bisa dilakukan masyarakat di bagian timur Indonesia hanya dengan menabung saja.

"Kelas menengah ini, memiliki banyak uang, namun mereka kebingunan kemana hendak menginvestasikan dananya. Di sisi lain, instrumen investasi di KTI sangat sangat minim. Sehingga pilihannya antara membuka tabungan atau asuransi. Itu-itu saja,” ujar Andi.

Di Papua sendiri, BEI menargetkan dapat menjaring 4.500 investor di daerah itu pada 2016. Kendati demikian,  pihak BEI harus giat melakukan edukasi tentang berinvestasi di pasar saham. Selain itu, Kadin berharap BEI mempermudah mekanisme maupun terminologi di sekitar investasi saham.

"Banyak istilah-istilah di pasar saham yang orang terdidik saja tidak tahu, ini yang harus disederhanakan, termasuk mekanisme investasinya,” ungkapnya.

Di samping itu, Andi menilai banyak makna yang terkandung dengan kehadiran BEI di Papua dalam konteks bernegara. Terlebih, masyaakat Papua akan benar-benar merasa menjadi bagian dari Indonesia dengan turut serta menjadi investor bagi perusahaan di Jakarta.

“Dengan keterlibatan orang Papua memiliki saham-saham perusahaan yang berbasis di Jakarta, mereka merasa menjadi bagian dari pemilik republik ini. Saya kira ini langkah yang bagus. Orang Papua harus semakin diberi ruang untuk menjadi ‘pemilik’ dari republik ini,” pungkasnya.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga