Bisnis Update

Kadin akan Kaji Kesiapan Industri Indonesia Terhadap Skema TPP

Kadin akan Kaji Kesiapan Industri Indonesia Terhadap Skema TPP
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Trans Pacific Partnership (TPP)/lillypad.lilly.ca)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Pengkajian untuk melihat kesiapan sektor industri di Indonesia terhadap skema perdagangan Trans Pacific Partnership (TPP) akan dilakukan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Kadin melakukan kajian tersebut bersama tiga lembaga lainnya, yakni CSIS, LPM-UI dan Prasetiya Mulia Business.

Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan Benny Soetrisno (15/2), kajian tersebut murni dilakukan oleh swasta dalam rangka menangkap sinyal Pemerintah Indonesia yang ingin bergabung dalam TPP.

“Nanti dari kajian tiga kelompok ini bisa menentukan political economy-nya. Apakah (Indonesia) ikut TPP atau enggak,” terang Benny.

Benny pun mengatakan, dalam kajian tersebut Kadin Indonesia dan Asosasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan ikut memberikan kontribusi angka kesiapan sesuai masing-masing sektor industri. Sejauh ini, menurutnya, hanya sektor tekstil, sepatu dan furnitur saja yang sudah siap menghadapi TPP. Sementara sektor lain belum tentu memiliki kesiapan yang sama.

Sesuai penjelasan Benny, pengkajian tersebut akan dilakukan mulai Maret 2016 dan berakhir di Oktober 2016. “Kami akan memulai kajian sekitar Maret 2016, lalu nanti Mei 2016 juga sudah mulai ada focus group discussion. Dan rencananya kajian tersebut akan selesai pada Oktober 2016,” jelasnya.

Sebelumnya, Benny menuturkan bila ketiga lembaga swasta yang sudah disebutkan di awal akan melakukan kajian berdasarkan tiga hal, yakni akses pasar, pembangunan industri, serta ketentuan dan regulasi. Kajian tersebut, menurutnya, akan mempertimbangkan tentang potensi ekspor-impor Indonesia.

Selain itu, perlu dipertimbangkan juga mengenai peran industri dalam rantai pasok global beserta kesempatan investasi, dan tingkat kompetitif regulasi di dalam negeri.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga