Bisnis Update

Investor Asing Berebut Saham, AGII Oversubscribed 15 Kali

Oleh :   Kamis, 29 September 2016   Viewer bisnisupdate.com  255 Hits
Investor Asing Berebut Saham, AGII Oversubscribed 15 Kali
Ketarangan Gambar :  (Istimewa)

Bisnisupdate.com, Jakarta – PT Aneka Gas Industri Tbk (Perseroan) atau yang diperdagangkan dengan kode AGII,  telah resmi tercatat sebagai perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. Perusahaan penghasil gas industri pertama di Indonesia melepas sahamnya sebanyak 766.660.000 ribu lembar saham atau 25% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor penuh setelah  Initial Public Offering (IPO).

Setelah melalui beberapa rangkaian kegiatan roadshow IPO di dalam negeri dan luar negeri, AGII sukses menarik minat investor. Hal ini terlihat pada saat proses masa penawaran umum yang digelar dari tanggal 19–22 September kemarin, dimana Perseroan mengalami kelebihan permintaan atau oversubscribed hingga 15 kali dari jumlah alokasi penjatahan saham pooling.

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan dan minat para investor hingga kami mengalami oversubscribed. Mereka melihat bahwa ada potensi dari AGII, sebagai perusahaan gas industri Nasional yang mampu untuk bersaing dengan 3 perusahaan Multinasional lainnya. Ditambah lagi dengan bisnis model yang kami miliki serta rencana Bapak Presiden RI yang mendukung industrialisasi dari hulu ke hilir, itu yang membuat perusahaan kami semakin diminati.” Ujar Rachmat selaku Wakil Presiden Direktur AGII.

Pasar modal kembali bergairah dengan melantainya AGII di Bursa Efek Indonesia. Bisa dikatakan bahwa mata investor kini tertuju pada perusahaan gas industri yang tengah berkembang pesat ini. Pasalnya, ada beberapa indikator yang membuat saham Perseroan ini diburu yaitu mayoritas investor AGII berasal dari asing, laporan keuangan Perseroan yang mengalami kenaikan signifikan dalam 5 tahun terakhir, dan AGII merupakan satu-satunya perusahaan gas industri independent di Asia Tenggara yang melakukan Go Public selama 5 tahun terakhir.

Rachmat menambahkan bahwa dengan banyak nya investor asing yang masuk merupakan pertanda baik untuk pasar modal karena hal tersebut menunjukkan bahwa adanya optimisme investor asing terhadap iklim investasi dan perekonomian di Indonesia. Terlebih lagi hal tersebut sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo untuk mengundang investor asing masuk ke dalam negeri. 

Dengan resminya AGII tercatat sebagai emiten ke 535 dan emiten ke 14 tahun ini, diharapkan bisa meramaikan pasar modal Indonesia. Harga saham yang ditawarkan yaitu Rp1.100 per lembar sahamnya atau setara dengan 18,4x PE 2017 atau 7,1x EV/EBITDA.  Rencananya, sekitar 40% dana IPO akan digunakan untuk belanja modal perseroan, 40% digunakan untuk pembayaran sebagian pinjaman Perseroan dan 20% akan digunakan untuk memenuhi biaya modal kerja Perseroan.

Perseroan menunjuk 3 (tiga) Penjamin Pelaksana Emisi Efek untuk membantu pelaksanaan IPO Perseroan, yaitu PT. DBS Vickers Securities Indonesia, PT. Mandiri Sekuritas, dan PT. RHB Securities Indonesia. Dimana ke tiga  Penjamin Pelaksana Emisi Efek ini memiliki rekam jejak dan strategi penanganan IPO yang baik. Adapun pemesanan atas saham Perseroan berasal dari berbagai investor di Indonesia, Malaysia, Hong Kong, dan Singapura.

“Memang dari awal kita sudah optimis sampai akhirnya memutuskan untuk IPO karena keunggulan kompetitif dari kita yaitu sebagai produsen gas industri pertama di Indonesia yang Go Public dengan jaringan terluas dan tersebar, saat ini saja kita sudah memiliki 44 pabrik, 80 filling stations di 22 propinsi di Indonesia dan itu jumlahnya akan bertambah setelah IPO ini”, ujar Rachmat ketika ditemui usai Pencatatan Perdana Saham AGI di BEI.

Salles Ngepet



X
Baca Juga