Bisnis Update

Investasi Jiwasyara Mencapai Angka Rp 1,9 T

Oleh :   Kamis, 06 Oktober 2016   Viewer bisnisupdate.com  221 Hits
Investasi Jiwasyara Mencapai Angka Rp 1,9 T
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi)

Bisnisupdate.com, Jakarta - PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membukukan kenaikan hasil investasi signifikan dari Rp 247 miliar pada Agustus 2015 menjadi Rp 1,9 triliun pada akhir Agustus 2016. Peningkatan tersebut antara lain ditopang oleh perubahan (switching) instrumen investasi utama perseroan sejak awal tahun ke saham.

Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo menjelaskan, berdasarkan komposisi portofolio instrumen investasi terbesar setelah saham adalah properti lalu disusul obligasi. Adapun 80% dari investasi saham Jiwasraya adalah saham dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sisanya adalah saham-saham LQ45.

“Peningkatan investasi ke saham sudah ada di dalam RKAP (rencana kerja anggaran perusahaan) perseroan. Ini merupakan strategi perseroan untuk mencari yield (imbal hasil) yang baik,” kata Hary di sela acara penandatanganan nota kesepahaman Jiwasraya dengan empat BUMN di Jakarta, Kamis (29/9).

Seiribg peningkatan hasil investasi, total laba Jiwasraya Rp 820 miliar pada Agustus lalu. Secara year on year (yoy), realisasi laba perseroan melesat, karena laba pada periode yang sama 2015 justru sebesar Rp 55 miliar.

Di sampin faktor hasil investasi yang membaik, lanjut dia, kondisi premi perseroan menunjukan tren positif sejak awal tahun. Pasalnya, pada akhir tahun 2016 Jiwasraya membukukan kenaikan premi signifikan dari Rp 5,5 triliun menjadi Rp 12 triliun. Pada periode yang sama, total aset perseroan juga menanjak 47,83% (yoy) menjadi Rp 34 triliun.

Berkaitan dengan realisasi premi, Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim memaparkan, kontributor utama bisnis perseroan adalah jalur distribusi bancassurance. Sebab, channel distribution agen dan employee benefit masing-masing hanya menyumbang 25% terhadap perolehan premi. Saat ini Jiwasraya memiliki 15 rekanan bank untuk bancassurance.

Sementara itu, untuk menjaga pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan, Jiwasraya melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero), PT PP (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Pupuk Indonesia (Persero). Implementasi MoU tersebut terdiri atas pemberian produk asuransi untuk kesejahteraan pagawai dan keluarga dari keempat perusahaan BUMN tersebut.

Salles Ngepet



X
Baca Juga