Bisnis Update

Inilah Kriteria Teknis Impor Barang Modal Bekas yang Ditetapkan Kemenperin

Inilah Kriteria Teknis Impor Barang Modal Bekas yang Ditetapkan Kemenperin
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Barang Modal Bekas/khadafi96.blogspot.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Impor barang modal bekas dapat dilakukan apabila memenuhi persyaratan yang telah dimuat dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 14 tahun 2016 tentang Kriteria Teknis Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru. Permenperin ini diterbitkan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Perdagangan No. 127 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Barang Modal Dalam Keadaan Tidak Baru.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin pada press release yang diterima oleh Bisnisupdate.com. Menteri Saleh pun mengatakan, barang modal yang dimaksud adalah barang sebagai modal usaha atau untuk menghasilkan sesuatu yang masih layak dipakai atau untuk direkondisi, remanufacturing, difungsikan kembali dan bukan skrap.

“Oleh karena itu, impor barang modal bekas dapat dilakukan oleh perusahaan pemakai langsung, perusahaan rekondisi dan perusahaan manufacturing,” terangnya.

Sementara itu, dalam Permenperin menyebutkan bahwa perusahaan yang diperbolehkan mengimpor barang modal bekas wajib memiliki izin usaha industri, profil perusahaan, rencana dan alasan pemanfaatan barang modal bekas, fasilitas mesin dan peralatan yang sesuai dengan jenis produksinya, jaminan garansi, serta sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya.

Untuk daftar barang modal bekas yang dapat diimpor meliputi kebutuhan kelompok industri alat transportasi darat, industri maritim, industri elektronika dan telematika, serta industri permesinan. Sementara, khusus barang modal bekas untuk industri alat transportasi darat dapat diimpor apabila berusia maksimal 15 tahun. “Selain itu, impor generator dan alternator hanya diberikan untuk tujuan ekspor,” terangnya.

Permenperin ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan pada 25 Februari 2016.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga