Bisnis Update

HIMKI Siap Gelar IFEX 2017

HIMKI Siap Gelar IFEX 2017
Ketarangan Gambar :  (Suasana pameran IFEX)

Himpunan Industri Mebel & Kerajinan Indonesia (HIMKI) siap menggelar kembali pameran mebel dan kerajinan B2B (business to business) terbesar di Indonesia dan kawasan regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX). Seperti tahun-tahun sebelumnya, gelaran IFEX pada 2017 akan kembali diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. IFEX 2017 rencananya akan dihelat pada 11 – 14 Maret 2017 dan masih mengusung tema yang sama dengan tema sebelumnya, The Essence of Infinite Innovation.

HIMKI sendiri merupakan hasil peleburan dari dua organisasi yang sebelumnya menaungi para pelaku bidang industri mebel dan kerajinan Indonesia yaitu, Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia (AMKRI) dan Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia, ASMINDO. Penyatuan kedua asosiasi ini diyakini akan semakin memperkuat industri mebel dan kerajinan Indonesia dan menjadi momentum yang tepat bagi para pelaku untuk menunjukkan potensi ekonomi industri mebel dan kerajinan dalam menggerakkan ekonomi Indonesia.

Ketua Umum HIMKI, Soenoto, menjelaskan bahwa IFEX 2017 telah melaksanakan serangkaian roadshow di beberapa daerah yaitu Cirebon, Bandung, Jepara, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya dan Bali sebagai langkah persiapan menuju IFEX 2017. Dukungan para pemain dan pelaku industri mebel dan kerajinan nasional menjadi salah satu kekuatan bagi suksesnya IFEX 2017.

Soenoto juga menyampaikan harapan agar pemerintah, terutama kementerian terkait seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, bisa terus memberikan dukungan bagi industri mebel dan kerajinan. Dukungan nyata berupa kebijakan serta peraturan yang positif akan sangat mendukung pertumbuhan industri ini di Indonesia. Sinergi antara pelaku dan pemerintah menjadi salah satu kunci penting untuk menumbuhkan industri mebel dan kerajinan berikut dengan daya saing ekonominya.

Industri ini merupakan salah satu industri andalan penyumbang devisa negara. Tahun lalu ekspor mebel Indonesia tercatat mencapai US$1,902 miliar atau meningkat 1,3% dibanding 2014. Peluang untuk mengembangkan industri mebel dan kerajinan Indonesia pun masih cukup besar, terutama di luar pulau Jawa mengingat ketersediaan bahan baku yang cukup banyak di luar pulau Jawa.

IFEX sebelumnya merupakan pameran yang digelar oleh AMKRI sementara Asmindo memiliki IFFINA sebagai pameran andalan. Dengan hadirnya HIMKI, baik IFEX maupun IFFINA menjadi kesatuan dalam program kerja HIMKI bersama Dyandra Promosindo sebagai organizer kedua pameran tersebut.

Penyatuan dua organisasi di atas juga berdampak positif bagi anggota. Dengan bernaung di bawah HIMKI, mereka memiliki peluang untuk menampilkan produk unggulan mereka kepada buyers potensial baik dari dalam maupun luar negeri melalui IFEX 2017. Sebagai gambaran, IFEX 2016 diikuti sekira 500 perusahaan dari dalam dan luar negeri. Beberapa negara yang ikut meramaikan IFEX 2016, baik sebagai peserta, antara lain Singapura, Malaysia, China, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, dan Taiwan.  Sedangkan buyers yang berkunjung pada IFEX 2016 sebanyak 9.140 orang yang berasal dari 112 negara di dunia dengan Amerika Serikat, Australia dan Spanyol merupakan pengunjung dominan pada pameran tersebut.

HIMKI berharap IFEX 2017 akan membuka jalan bagi anggotanya untuk menjadi peserta IFEX 2017 dan IFFINA 2017 sehingga bisa menampilkan lebih banyak produk berkualitas dari dalam negeri. HIMKI juga berharap pameran-pameran yang digelar oleh HIMKI akan dikunjungi lebih banyak lagi buyers dari luar negeri. Untuk mewujudkan target ini, HIMKI melakukan peningkatan strategi promosi melalui beberapa cara seperti pemasangan iklan di media furnitur terkemuka di dunia dan menjalin kerjasama dengan atase perdagangan Indonesia di luar negeri seperti yang telah dilakukan pada IFEX 2016. Sebagai informasi, untuk IFEX 2016 pihak penyelenggara melakukan pemasangan iklan di 12 negara dan menjalin kerjasama dengan dengan Atase Perdagangan di 43 kota perwakilan.

Salles Ngepet



X
Baca Juga