Bisnis Update

Era Digital Saat Ini Banyak Melahirkan Start-up Baru

Oleh :   Jumat, 26 Agustus 2016   Viewer bisnisupdate.com  606 Hits
Era Digital Saat Ini Banyak Melahirkan Start-up Baru
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi)

Bisnisupdate.com, Jakarta – Di era digital sekarang, semakin banyak orang menyadari internet adalah sumur baru yang potensial untuk memulai bisnis. Perkembangan teknologi smartphone juga membuka pasar dan kebutuhan yang semakin besar untuk aplikasi. Jangan heran, jumlah start-up saat ini semakin banyak saja.

Bukan hanya setiap tahun, saat ini setiap bulan start-up baru dengan produk dan layanan yang inovatif bermunculan. Tahun lalu saja, menurut dai-lysocial.net, ada lebih dari 1.500 start-up lokal di Indonesia.

Apalagi, potensi peningkatan pengguna internet dan smartphone di Indonesia dari tahun ke tahun sangat tinggi. Daya beli yang meningkat seiring dengan naiknya pendapatan per kapita masyarakat negeri ini juga ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut lembaga riset e-Marketer, populasi netter di tanah air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.

Angka itu akan berlipat pada 2017. Tahun depan, e-Marketer meramal jumlah pengguna internet kita bakal mencapai 112 juta orang alias menggeser Jepang di peringkat ke-5. Di 2018, Indonesia diprediksi bakal menggeser Brazil di posisi keempat negara terbesar dalam jumlah pengguna internet.

Buat Anda yang ingin menjajal peruntungan bisnis dengan mendirikan start-up, sekarang memang waktu yang tepat. Cuma, banyak yang harus dipikirkan dan disiapkan untuk memulai usaha.

Yang pertama anda harus jeli untuk menentukan Ide Bisnis.  Ini bisa jadi hal paling awal yang harus Anda pikirkan. Ide usaha macam apa yang Anda punya? Start-up macam apa yang mau Anda kembangkan? Memiliki ide bisnis yang unik bisa menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha Anda. Sebaliknya, jika ide Anda tidak inovatif, ada kemungkinan start-up tak akan berkembang.

Yang kedua adalah dalam merekrut sumber daya manusia (SDM). Di sini Anda harus melongok pada kemampuan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki kemampuan teknis programming umpamanya, maka Anda harus mencari rekan yang memiliki kemampuan komplementer. Misalnya, kemampuan marketing atau bisnis. Dan begitu sebaliknya.

Dan yang terakhir adalah Modal. Langkah ketiga yang harus Anda siapkan adalah mencari modal. Tanpa modal awal, tak mungkin suatu start-up bisa berkembang.

Apalagi, tak sedikit start-up yang karena ide kreatif, mensyaratkan modal awal yang cukup besar, terutama untuk infrastruktur IT. Tapi Anda tak perlu khawatir, saat ini banyak pihak yang menawarkan pendanaan start-up.

Salles Ngepet



X
Baca Juga