Bisnis Update

Entaskan Ekonomi Lewat Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat

Entaskan Ekonomi Lewat Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi petani/sumutinvest.com)

Bisnisupdate.com, Brebes ― Di bawah koordinasi Kementerian Koordinator bidang Perekonomian dengan melibatkan banyak kementerian, salah satu program pengentasan kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup pelaku usaha di pedesaan digalakan, ialah Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat. Program tersebut akan memberikan kesempatan bekerja/berusaha yang layak bagi petani, peternak dan nelayan.

Kegiatan yang akan disinergikan untuk dapat melangsungkan program di antaranya program sertifikasi tanah atau lahan bagi para petani melalui Kementerian ATR/BPN dan Kemen BUMN, juga Bank BUMN.

Progran lainnya adalah sinergi Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan Program Inklusi atau pendalaman pasar keuangan. Sinergi ini bertujuan memudahkan pelaku usaha dalam mengakses layanan keuangan di pedesaan. Program ini merupakan sinergi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Koperasi dan UKM serta perbankan.

Program ini memberikan kemudahan kepada pelaku usaha yang berada di daerah karena tidak perlu lagi mencairkan kreditnya dengan mendatangi bank-bank di kota, tapi cukup mencairkan melalui penyalur-penyalur yang disebut sebagai agen laku pandai sebagai perpanjangan tangan perbankan di daerah-daerah.

Sinergi dalam bidang produksi meliputi sarana dan prasarana, bibit, pupuk, serta penyuluh yang akan melibatkan sinergi dua kementerian yaitu Kementan dan Kementerian PUPR.

Selain itu, pemerintah juga mulai mengenalkan sistem pemasaran secara online untuk produk hasil pertanian. Dengan begitu, maka ketersediaan komoditas pangan akan terjaga dan harga sampai pada tingkat konsumen tetap stabil.

Cara pemasaran online yang digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi market place seperti limakilo.idsikumis.com, dan sebagainya. Sinergi pemasaran ini melibatkan tiga kementerian yaitu Kementerian Kominfo, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga