Bisnis Update

Dua Pabrikan Otomotif Akan Tanamkan Modal Hingga Rp 6 Triliun di Indonesia

Dua Pabrikan Otomotif Akan Tanamkan Modal Hingga Rp 6 Triliun di Indonesia
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi Penanaman Modal/megaindah.web.id)

Bisnisupdate.com, Nagoya ― Dua pabrikan otomotif ternama di Indonesia, Toyota dan Mitsubishi akan menanamkan modalnya di Indonesia hingga Rp 6 triliun di tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin usai bertemu dengan Executive Vice President Toyota Motor Corporation (TMC) Seiichi Sudo (18/2), serta mengunjungi pabrik dan pusat pengembangan Mitsubishi (Okazaki plant) di Nagoya, Jepang.

Group Toyota Motor Corporation berencana menanamkan modal sebesar Rp 5,4 triliun di tahun ini. Itu menunjukkan bila kepercayaan investor global terhadap iklim investasi dan prospek industri otomotif di Indonesia tidak berkurang.

“Toyota serius berbisnis di Indonesia. Tahun ini saja akan berinvestasi Rp 5,4 triliun, setelah tahun 2015 menanam modal Rp 5 triliun,” ujar Menteri Saleh. Dan dalam kurun waktu lima tahun (2015-2019) total rencana investasi Toyota sebesar Rp 20 triliun. Saat ini, Toyota tengah menyelesaikan pabrik mesinnya di Karawang. Kemenperin pun mencatat jika Toyota menguasai 31-32% pasar domestik Indonesia.

Lebih lanjut, Menteri Saleh juga mengapresiasi kepercayaan Toyota yang masih terus berinvestasi di Indonesia, dan telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu tujuan investasi. Juga sebagai basis produksi mobil Toyota.

Sementara itu, Menteri Saleh Husin yang secara khusus juga mengunjungi 78 karyawan Mitsubishi asal Indonesia yang tengah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Jepang, disambut langsung oleh Presiden dan Chief Operating Officer Mitsubishi Motor Corporation/MMC Tetsuro Aikawa.

Jumlah karyawan yang ditemui Menteri Saleh Husin saat itu merupakan bagian dari total 102 orang yang akan menjalani pelatihan serupa. Mereka adalah karyawan yang akan disiapkan untuk bekerja di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia yang tengah dibangung di Karawang. Mitsubishi sendiri sudah menanam modal sebesar Rp 6 triliun dalam pembangunan pabrik tersebut.

"Semoga rekan-rekan semua menjadi patriot-patriot bagi kemajuan industri di Indonesia. Teruslah belajar, bekerja dan senantiasa membanggakan bagi bangsa," pesan Menteri Saleh kepada mereka.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga