Bisnis Update

Daya Saing SDM Pariwisata Indonesia Masih Rendah

Daya Saing SDM Pariwisata Indonesia Masih Rendah
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi SDM Pariwisata Indonesia/pelatihanpariwisata.com)

Bisnisupdate.com, Batam ― Daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang pariwisata masing sangat rendah. Di ASEAN saja, daya saing SDM Indonesia masih tertinggal. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (BPKK) Kementerian Pariwisata Ahman Sya dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) SMK Pariwisata se-Indonesia di Batam, rabu (30/3).

Karena itu, Ahman Sya menargetkan adanya peningkatan kualitas SDM Pariwisata Indonesia di tahun depan. “Daya saing SDM kita masih rendah. Tahun depan kami menargetkan Indonesia di ranking tiga untuk tingkat ASEAN,” terangnya.

Ahman menjelaskan, ada tiga kelemahan utama SDM pariwisata Indonesia yang harus segera diperbaiki. Dan penguasaan Bahasa Inggris menjadi hal utama. “SDM pariwisata kita masih lemah dalam tiga hal, yakni penguasaan bahasa asing, terutama Inggris, teknologi informasi maupun manajerial. Untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata kita, tiga hal ini menjadi fokus perhatian,” paparnya.

Ahman pun mengharapkan, adanya komitmen yang hadir antara pemerintah dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk membentuk SDM berkualitas melalui Rakornas SMK Pariwisata. Hal itu perlu dilakukan demi memenangkan persaingan.

Tenaga kerja pariwisata Indonesia pun diharapkan akan mudah mengisi peluang kerja di sektor pariwisata. Termasuk untuk 36 posisi atau jabatan yang telah disepakati bersama dalam Mutual Recognition Arrangement (MRA) Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Posisi daya saing SDM pariwisata Indonesia di tahun lalu berada di peringkat kelima di antara negara-negara ASEAN. Sementara untuk empat tempat teratas ditempati oleh Singapura, Thailand, Malaysia dan Filipina. Dan untuk peringkat di dunia, Indonesia berada di peringkat ke-53 dari 141 negara. Posisi tersebut jauh di bawah Singapura yang di posisi ketiga dan Filipina di posisi 42.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga