Bisnis Update

Cara Jitu Dapatkan Tim Juara ala Coach Ari Nugrahanto

Cara Jitu Dapatkan Tim Juara ala Coach Ari Nugrahanto
Ketarangan Gambar :  (Coach Ari Nugrahanto (Tengah) bersama peserta BOOKCLUB/ActionCOACH)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Salah satu hal yang fundamental dan cukup sukar dalam membangun sebuah perusahaan adalah memiliki tim yang hebat. Hal itu bisa terjadi sebab kebanyakan perusahaan memperkerjakan seseorang hanya berdasarkan latar belakang pendidikan terakhirnya saja, sedangkan hal lain yang berkenaan dengan kecocokan dengan perusahaan tak terlalu diperhatikan.

Perusahaan sama halnya dengan tubuh manusia. Tubuh yang sehat dan kuat pasti akan di-support juga oleh anggota tubuh yang sehat dan kuat juga. Bila perusahaan adalah tubuh, maka sebuah tim tak ubahnya organ dalam tubuh itu sendiri.

Nah, bagaimana seorang manusia dapat menjalani atau menopang tubuhnya pasti dengan adanya fungsi kerja organ dalamnya yang sehat. Begitu pun dengan sebuah perusahaan agar dapat mencapai hasil dan tujuan harus juga didukung oleh tim di dalamnya agar perusahaan tersebut bergerak menuju hasil yang diinginkan.

Memang, tak ada yang salah dengan memilih tim yang kita lihat dari pendidikan terakhirnya saja, namun terkadang tak semua skill dapat tertulis melalui selembar kertas curriculum vitae, kadang pengalaman bekerja seseorang pun dapat menjadi hal yang nantinya akan berguna pada perusahaan yang kita miliki.

Dan pertanyaannya, apakah hanya dengan memilih anggota tim yang tepat kita dapat memiliki tim juara bagi perusahaan kita?

Ternyata masih ada 6 syarat atau kunci yang harus dimiliki sebuah Tim Juara. Kunci pertama dari 6 syarat tersebut merupakan kepemimpinan yang baik. Sebab itu, sebelum kita terlibat lebih jauh memilih dan memperkerjakan orang baru, mari lihat terlebih dahulu keadaan perusahaan dan kepemimpinan perusahaan tersebut.

Lalu cari tau apakah calon tersebut memiliki kesamaan tujuan dengan perusahaan kita. Setelah adanya kesamaan tujuan, dan dengan jelas kita juga dapat menjelaskan tujuan dari perusahaan yang kita jalani dan dapat dimengerti oleh calon karyawan tersebut, maka dilanjutkan dengan keterbukaan aturan main, kejelasan budaya dalam perusahaan kita, apa saja dasar penilaian seseorang bergabung dengan kita, dan apa saja yang menjadi rules perusahaan.

Jika sudah cukup banyak dimengerti maka kita beralih dengan tahapan selanjutanya, yaitu rencana kegiatan perusahaan. Kita dapat menjelaskan dengan gamblang tetapi tidak harus semua dipaparkan, apa yang akan menjadi goals jika seseorang tersebut bergabung dengan perusahaan kita dan apa yang akan seseorang tersebut lakukan. Disini dapat dijelaskan secara rinci akan siapa, bagaimana dan kapannya.

Dan yang terakhir yaitu syarat ke 5 dan ke 6, merupakan dukungan Pengambilan Resiko dan Keterlibatan 100%. Dua hal terakhir ini merupakan kunci untuk membangun rasa memiliki dan sinergi sesama anggota tim.

Seperti itulah Coach Ari Nugrahanto menjelaskan materi “Istant Team Building” pada acara BOOKCLUB di kantor ActionCOACH Indonesia, The Office Sahid Sudirman Residence 1st floor suite 8, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Setiap bulannya jumlah business owner yang mengikuti Book Club ActionCOACH Business Community ini pun semakin terlihat antusiasnya, di mana acara ini merupakan tempat bagi ActionCOACH untuk membagikan pengetahuan yang dimiliki, dan pastinya dengan tujuan mengembangkan jiwa entrepreneur di Indonesia.

Dan bagi semua business owner yang belum pernah mengikuti acara ini, jangan sungkan, acara BOOKCLUB ini merupakan komitmen ActionCOACH Indonesia untuk bisnis di Indonesia. BOOKCLUB sendiri hadir setiap bulannya untuk keterangan lebih lanjut dapat langsung cek di website ActionCOACH Indonesia

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga