Bisnis Update

BNI Syariah Gelar Qurban Hasanah Nusantara

Oleh :   Senin, 04 September 2017   Viewer bisnisupdate.com  79 Hits
BNI Syariah Gelar Qurban Hasanah Nusantara
Ketarangan Gambar :  (Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo saat memberikan sambutan di acara Qurban Hasana Nusantara di Cinere, Depok (4/9))

Bisnisupdate.com, Depok,Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta –Allah Swt., atas segala nikmat yang diberikan-Nya, Bank Syariah menggelar Qurban Hasanah Nusantara. Qurban ini diselenggarakan di seluruh kantor cabang yang ada di Indonesia yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Rumah Zakat (RZ).

“Qurban ini adalah bentuk syukur kita (BNI Syariah) kepada Allah, yakni turut serta membagikan kebahagiaan kepada sesama, teruatama kaum du’afa wa masakin,” ujar Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo, saat sambutannya di acara Qurban Hasanah Nusantara dengan tema ‘Qurbanku untuk Indonesia Berhasanah’, di Yayasan Darur Roja Kholiliyah, Cinere, Depok, (04/09).

Tahun ini (2017), Qurban BNI Syariah lebih banyak dibanding tahun lalu, yakni 3 ekor kerbau, 126 sapi, dan 451 kambing. Kalau diungkan sekitar 4,9 miliar. Sedangkan tahun sebelumnya (2016) hanya 88 ekor sapi dan 442 kambing.

“Khusus untuk kambing, selain 451 dari BNI Syariah, juga dari hasil kerjasama dengan ACT dan RZ sebanyak 631. Jadi jumlahnya 1082,” kata Firman kepada media.

Lebih lanjut, Firman mengungkapkan bahwa inti dari kegiatan qurban ini adalah: Pertama, sebagai ungkapan rasa syukur dari seluruh insan BNI Syariah, di mana seluruh karyawan tahun ini bisa berqurban. “Hal ini karena karyawan di BNI Syariah kita himbau bahkan “setengah wajib” untuk berqurban. Kita kan sudah sejahterah, jadi kita harus berqurban,” ujarnya.  

Kedua, melaksanakan perintah Allah untuk berqurban –berbagi kepada masyarakat tidak mampu. Ketiga, meneladani kisah Nabi Ibrahim, terkait kita sebagai manusia jangan terlalu mencintai keduniaan, karena semua itu adalah titipan dari Allah yang sifatnya sementara. Keempat, ikut serta mendorong program pemerintah dalam meningkatkan dan menguatkan ketahanan pangan masyarakat, khususnya masyarakat mustahiq.

Kelima, membangun silaturrahmi kepada seluruh stakeholder di seluruh wilayah sekitar cabang yang ada di Indonesia. “Karena momennya bertepatan dengan Hari Layanan Nasional, maka kita sebut harini sebagai Hari Pelanggan. Kita melayanai semua pelanggan dengan hasanah. Singkatnya ini adalah lima paket khusus buat pelanggan –paket silaturrahmi.

Selain pemotongan dan penyerahan hewan Qurban, kegiatan itu juga dikemas dengan pemberian sembaqo kepada masyarakat –anak-anak duafah dan masakin yang ada di sekitar yayasan. Juga mengadakan lomba memasak nasi goreng kambing  yang diikuti oleh perwakilan dari BNI Syariah dan pelajar dari yayasan.

Tabungan Qurban

Tak semua orang bisa cas untuk berqurban, padahal mereka mempunyai keinginan yang tinggi, maka untuk memudahkan niatan itu BNI Syariah membuka program Qurban.

“Tabungan Qurban ini sebenarnya masuk dalam produk tabungan iB Hasana. Masyarakat yang ingin berqurban mesti direncanakan dengan baik jauh-jauh hari. Dengan tabungan ini, jika ingin berqurban harga kambing 2,5 juta, maka ia cukup menabung 200 atau  250 ribu perbulan dalam satu tahun,” terang Firman.

Firman menegaskan bahwa ini adalah langkah untuk mempermudah ummat untuk beribadah, bukan untuk bisnis. Tabungan iB Hasanah adalah salah satu produk yang melayani dan memfasilitasi nasabah untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah, contohnya dengan program tabungan haji dan umrah.

“BNI Syariah terus mencoba untuk memfasilitasi nasabah agar bisa beribadah dengan  baik, sesuai yang direncanakan. Makanya produk ini dikatakan sebagai penerjemah maqosidusyariah (tujuan syariat), bukan sebagai bisnis,” tandas Firman. (Way)

Salles Ngepet

Tags

 
 
 



X
Baca Juga