Bisnis Update

BNI Berpeluang Melayani Pembayaran yang Disetor ke Kas Negara

BNI Berpeluang Melayani Pembayaran yang Disetor ke Kas Negara
Ketarangan Gambar :  (Penandatanganan Mou Kementrian ATR/BPN dan BNI)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) berpeluang menjadi bank yang melayani pembayaran sekitar sepuluh jenis pungutan yang disetorkan ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Kerjasama antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN dengan BNI akan menguntungkan kedua belah pihak karena layanan dalam pembayaran PNBP akan semakin mudah dilakukan melalui BNI. Dan disisi lain, nasabah BNI yang berkepentingan dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN akan mendapatkan fitur layanan tambahan, yaitu kemudahan menyetor PNBP melalui multichannel BNI.

Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN dengan BNI dilaksanakan di Jakarta, Senin (01/02), bersamaan dengan dua bank lainnya, yakni BRI dan Mandiri. Hadir juga pada kesempatan tersebut Menteri Agraria dan Tata Ruang/ BPN Ferry Mursyidan Baldan dan Direktur Utama BNI Achmad Baiquni.

Baiquni mengungkapkan, tujuan Kesepakatan Bersama ini adalah untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan dan menunjang tugas pokok, serta fungsi masing-masing pihak. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Selain itu, akan memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna jasa para pihak, misalnya wajib bayar PNBP selaku pengguna jasa Kementerian ATR dan selaku nasabah BNI.

PNBP yang terkait dengan tugas dan fungsi pokok Kementerian ATR dan BPN di antaranya adalah Pelayanan Survei, Pengukuran dan Pemetaan, Pelayanan Pendaftaran Tanah, Pelayanan Konsolidasi Tanah Secara Swadaya, dan Pelayanan Pertimbangan Teknis Pertanahan.

Selain itu juga terdapat PNBP Pelayanan pemeriksaan tanah, Pelayanan Informasi Pertanahan, Pelayanan Lisensi, dan Pelayanan Pendidikan Pelayanan Pendaftaran Bekas Tanah terlantar. Semua pelayanan tersebut saat ini sudah tersambung dengan SIMPONI dari Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.

Setoran PNBP tersebut dapat dibayar melalui BNI. Kemudahan ini diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada wajib bayar dan/atau nasabah BNI, mengingat pembayaran PNBP melalui BNI ini dapat dilakukan melalui seluruh outlet BNI yang tersebar di seluruh Indonesia, melalui internet banking BNI dan juga melalui ATM serta EDC.

Bahkan, dengan melalui internet banking BNI dan ATM, maka pembayaran PNBP dapat dilakukan selama 24 jam per hari, dan tidak hanya dilakukan lewat teller saja seperti yang selama ini dilakukan.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga