Bisnis Update

Bappebti akan Tingkatkan Integritas Industri PBK dan Iklim Usaha

Bappebti akan Tingkatkan Integritas Industri PBK dan Iklim Usaha
Ketarangan Gambar :  ((foto: business2community.com))

Bisnisupdate.com ― Dalam rangka meningkatkan integritas industri perdagangan berjangka komoditi (PBK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan akan menerbitkan peraturan untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap industri PBK.

Di antaranya penyempurnaan peraturan tentang Ketentuan Teknis Perilaku Pialang Berjangka, Pedoman Penyusunan dan Tata Cara Perdagangan (trading rules) Sistem Perdagangan Alternatif, dan pengaturan tenaga marketing. Kode Etik Asosiasi juga akan diterbitkan sebagai pedoman bagi seluruh anggota Aspebtindo untuk menciptakan perilaku anggota asosiasi sesuai norma dan aturan.

“Kami akan membuat kerangka regulasi yang selaras, menjamin kepastian hukum, adil dan transparan, serta tata kelola kelembagaan industri PBK yang dapat memberikan pelayanan prima dan pemahaman yang selaras bagi pengguna jasa,” jelas Kepala Bappebti Sutriono Edi pada Pertemuan Tahunan Industri PBK Tahun 2016, Rabu (20/01).

Pada 2015 Bappebti telah melakukan penegakan hukum dengan memberikan pengenaan sanksi peringatan tertulis kepada 13 pialang berjangka, pembekuan kegiatan usaha pialang berjangka terhadap 5 perusahaan, dan pencabutan izin usaha pialang berjangka sebanyak 1 perusahaan.

Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN, Bappebti juga akan mengeluarkan aturan peningkatan kompetensi standar untuk Wakil Pialang Berjangka (WPB) yang akan diterapkan untuk seluruh calon WPB.

Sedangkan untuk meningkatkan iklim usaha, Bappebti memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengurus perizinan di bidang PBK. Saat ini terdapat sepuluh perizinan dan persetujuan yang telah terkoneksi dengan sistem Inatrade Kemendag dan dapat diurus secara online.

Dalam rangka pelayanan publik yang prima, Bappebti telah mengatur pedoman penanganan pengaduan, serta meyediakan fasilitas pelayanan pengaduan secara online yang terhubung antara nasabah, perusahaan pialang, bursa berjangka dan Bappebti.

Di samping itu, Badan Pengawas mendorong upaya demutualisasi bursa serta optimalisasi pemanfaatan perluasan cakupan komoditi yang diperdagangkan di bursa guna memberikan peluang yang lebih besar kepada pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya di industri perdagangan berjangka komoditi.

Untuk menumbuhkan kepercayaan nasabah terhadap industri PBK, Badan Pengawas juga mendorong pelaku usaha untuk memberikan perlindungan dan pelayanan yang lebih baik kepada investor.

Saat ini telah dibangun Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SITNa). Sistem ini bermanfaat memberikan perlindungan dan pelayanan yang lebih baik kepada investor, sehingga investor mampu mengecek transaksinya sendiri sebagai bentuk pengawasan oleh investor dan pialang. Ke depannya, implementasi SITNa diharapkan dapat meningkatkan kredibilitas lembaga sehingga menumbuhkan kepercayaan nasabah bahwa transaksi yang dilakukan telah diregistrasikan, dilaksanakan, dan dilaporkan.

Salles Ngepet



X
Baca Juga