Bisnis Update

17 Specialty Coffee Indonesia Siap Dikirim ke SCAA Expo Amerika

17 Specialty Coffee Indonesia Siap Dikirim ke SCAA Expo Amerika
Ketarangan Gambar :  (Ilustrasi kopi Indonesia/muvila.com)

Bisnisupdate.com, Jakarta ― Menjelang Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atalanta, Georgia, Amerika Serikat, 14-17 April, Indonesia akan mengirimkan 17 specialty coffee terbaiknya ke pameran tersebut. Ketujuh belas kopi spesial tersebut berasal dari Aceh hingga Papua. Selain itu, Indonesia pun dinobatkan sebagai Potrait Country (PC) pada acara tersebut.

“Tidak semua negara bisa mendapat kesempatan ini. Karena hanya negara penghasil kopi (grower) yang bisa menjadi PC,” tukas Menteri Perdagangan Thomas Lembong pada konferensi pers di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta kemarin (8/4).

PC sendiri merupakan ajang “celebration” untuk mengelevasi industri kopi beserta para pemangku kepentingan di bidang kopi dan specialty coffee dunia. Menteri Tom pun menilai bahwa kopi juga menjadi minuman abad 21 yang telah menggerakkan produktivitas dan kreativitas di Sillicon Valley, selain menjadi salah satu komoditas penting bagi Indonesia.

“Kopi terbaik Indonesia ini akan menjadi sorotan utama lebih dari 12 ribu pengunjung SCAA Expo 2016. Sebagai PC, Indonesia akan memantapkan branding sebagai pemilik kopi terbaik di dunia yang lolos seleksi standar tinggi yang ditetapkan SCAA,” terang Menteri Tom.

Ketujuh belas specialty coffee Indonesia tersebut telah diuji oleh Caswells Coffee yang bertindak sebagai curator kopi. Lembaga tersebut merupakan satu-satunya laboraturium kopi di Indonesia yang terserifikasi standar SCAA.

Ketujuh belas jenis speciality coffee yang lolos kurasi dengan cupping score > 83,5; yaitu jenis Gunung Puntang, Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber, Kopi Catur Washed, West Java Pasundan Honey, Arabica Toraja, Flores Golewa, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, dan Java Temanggung. Jenis Gunung Puntang mendapatkan skor 86,25 dan menjadi speciality coffee Indonesia paling direkomendasikan.

Rahardian Shandy

Salles Ngepet



X
Baca Juga